Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 290 atlet muda dari Indonesia maupun mancanegara saling mengadu kemampuan dalam kejuaraan bulu tangkis Polytron Superliga Junior 2024 yang berlangsung di Magelang, Jawa Tengah, selama 11-18 Agustus.

"Polytron merasa terhormat dapat konsisten berpartisipasi sebagai sponsor utama dalam Superliga Junior 2024. Dukungan kami ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk mengembangkan dunia olahraga nasional, khususnya bagi para atlet bulu tangkis junior lndonesia," ujar Commercial Director Polytron Tekno Wibowo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Para pebulu tangkis muda U-17 dan U-19 yang berpartisipasi pada ajang itu berasal dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, China Taipei, Hong Kong China, Republik Rakyat Tiongkok, dan Selandia Baru.

Mereka berjuang memperebutkan empat piala bergengsi yakni Piala Liem Swie King (U-19 Putra), Piala Susy Susanty (U-19 Putri), Piala Hariyanto Arbi (U-17 Putra), dan Piala Yuni Kartika (U-17 Putri).

Baca juga: Kilau emas Garuda Muda di kejuaraan dunia junior BWF

Tidak hanya bertarung demi piala-piala yang diambil dari nama legenda bulu tangkis Indonesia tersebut, para atlet juga bersaing untuk membawa pulang hadiah dengan total nilai lebih dari Rp1 miliar.

Tekno Wibowo mengatakan, ajang kejuaraan itu merupakan kesempatan bagi para atlet muda unjuk kemampuan dan meningkatkan daya saing dengan bertanding melawan atlet-atlet mancanegara.

Selain itu, ajang tersebut juga menjadi momentum berharga untuk menjalin persahabatan antara para atlet muda yang bertanding.

Direktur Superliga Achmad Budiharto, mengatakan, pelaksanaan kejuaraan itu mengadopsi format pertandingan beregu sehingga membuat para atlet terbiasa berburu gelar juara sebagai sebuah kesatuan yang mengutamakan kekompakan, kerja sama yang solid menuju ajang yang lebih prestisius lagi seperti Piala Thomas dan Uber.

Oleh sebab itu, pihaknya menyambut dengan gembira jumlah partisipan dari mancanegara yang akan membuat persaingan menuju podium tertinggi akan semakin sengit dan kompetitif.

Baca juga: Legenda bulu tangkis sambut hangat penyelenggaraan turnamen junior

Pada kategori U-19, klub yang akan menurunkan atlet terbaiknya antara lain PB Djarum Kudus, Jiang Xi China, Taipower China Taipei, PB Power Rajawali, Banthongyord Badminton School Thailand, Badminton North Harbour Selandia Baru, Hong Kong China Team, Cheng Yuan High School China Taipei, PB Mutiara Cardinal Bandung, Sports Affairs Malaysia, dan PB Victory.

Sementara pada kategori U-17, terdapat delapan klub yaitu PB Djarum Kudus, PB Jaya Raya, Singapore Badminton Association, Gideon Badminton Academy, PB Power Rajawali, PB Mutiara Cardinal Bandung, Sports Affairs Malaysia, dan Champion United.

PB Djarum sebagai juara pada gelaran Polytron Superliga Junior edisi sebelumnya, kali ini menurunkan kekuatan penuh dengan menerjunkan tujuh tim di empat kategori yang dipertandingkan.

Pada kategori U-17 putri, klub asal Kudus Jawa Tengah ini mengutus dua tim guna merebut gelar juara. Begitu pula dalam kategori U-17 putra dan U-19 putri.

Sementara, di level U-19 putra PB Djarum mengirimkan satu tim yang diperkuat oleh barisan pemain muda unggulan seperti Moh. Zaki Ubaidillah, Richie Duta Richardo, Hendry Leander dan Pulung Ramadhan. Total atlet PB Djarum yang akan berlaga dalam turnamen ini mencapai 70 atlet.

Baca juga: Persaingan di turnamen bulu tangkis junior semakin merata
Baca juga: 1.027 atlet ikuti ajang bulu tangkis junior internasional

Selanjutnya: Manajer Team PB Djarum

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024