stasiun sudah dilengkapi fasilitas mulai dari tempat menunggu, toilet hingga mushalla sehingga terbilang cocok untuk dijadikan tempat pengungsian sementara
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah warga memilih mengungsi ke Stasiun Kereta Api (KA) Bandara Manggarai, Jakarta Selatan imbas kebakaran yang melanda di Jalan DR Saharjo I, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan sekitar pukul 02.30 dini hari.
 
"Sementara saya memilih mengungsi ke stasiun karena paling gampang," kata warga korban kebakaran bernama Neni saat ditemui di Stasiun KA Bandara Manggarai Jakarta Selatan, Selasa.
 
Neni mengatakan stasiun sudah dilengkapi fasilitas mulai dari tempat menunggu, toilet hingga mushalla sehingga terbilang cocok untuk dijadikan tempat pengungsian sementara.
 
Terlebih, dia sama sekali tidak membawa barang bawaan sehingga masih membutuhkan banyak bantuan.
 
Hingga kini, Neni belum bisa memastikan akan berapa lama di stasiun. Kendati demikian, dia tak menampik akan pindah ke lokasi pengungsian terdekat.
 
Sementara, salah satu penumpang KRL bernama Bayu mengatakan sempat bingung mengapa kawasan stasiun menjadi ramai.
 
"Saya lewat tadi kok macet ternyata ada kebakaran," ujar Bayu.
 
Sementara, Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus memastikan adanya kebakaran tidak mengganggu operasional di Stasiun KA Bandara Manggarai.
 
"Dapat kami sampaikan bahwa seluruh perjalanan commuter line yang melalui Stasiun Manggarai aman sesuai dengan jam keberangkatan dan kedatangan," ujar Joni.
 
Diketahui petugas mendapat informasi pada pukul 02.49 WIB telah terjadi kebakaran di rumah warga yang terletak disamping gudang Depo Overhaul KAI Commuter di Manggarai dimana terdapat commuter line Basoetta di area tersebut.
 
"Atas kejadian ini semua Commuter Line Basoetta dikeluarkan dari Depo Overhaul Manggarai tadi pagi sebagai antisipasi apabila api menyebar sampai ke area Depo," ujarnya.
 
Pihaknya memastikan api sudah mulai padam dan proses pendinginan, kondisi pelayanan di Stasiun Manggarai tetap kondusif dan aman meski dipadati oleh warga yang mengungsi di pintu barat Stasiun.
 
Pengaturan keluar dan masuk pengguna saat ini diarahkan lewat pintu timur Stasiun Manggarai. Sedangkan, pintu barat stasiun disediakan petugas berjaga agar tetap kondusif.
 
KAI Commuter mengimbau kepada para pengguna untuk mengikuti aturan dan arahan petugas baik di dalam commuter line ataupun stasiun dan tetap mengutamakan keselamatan.
Baca juga: Penyebab kebakaran di Manggarai diduga dari pengisian daya ponsel
Baca juga: Jaksel siapkan pengungsian bagi warga terdampak kebakaran Manggarai
Baca juga: Kebakaran di Manggarai terkendali setelah damkar jebol pagar pertokoan

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024