Jakarta (ANTARA) - Jeruk lemon dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kecantikan. Bagi wanita yang ingin memiliki kecantikan dari bahan alami, penggunaan jeruk lemon bisa menjadi pilihan terbaik.
 
Sebelum mengetahui manfaat jeruk lemon untuk kecantikan, penting untuk kenali kandungan jeruk lemon untuk kecantikan dan cara penggunaannya. Berikut ini adalah kandungan yang terdapat dalam jeruk lemon
 
Kandungan jeruk lemon untuk kecantikan
  • Vitamin C merupakan kandungan yang baik untuk mencegah proses penuaan dini dan kerusakan sel kulit karena radikal bebas.
  • Kalium merupakan kandungan yang bisa mencegah peningkatan sel darah, tekanan darah, dan menangkal radikal bebas.
  • Asam sitrat merupakan merupakan kandungan yang bisa memperkecil pori-pori wajah, mengurangi minyak wajah, dan dapat mengangkat sel kulit mati sebagai eksfoliasi.
  • Kalsium merupakan kandungan yang dapat mencegah kulit kering dan menghasilkan kesehatan kulit alami
  • Magnesium merupakan kandungan yang dapat menghaluskan kulit dan menghindari penuaan dini seperti kerutan pada wajah.
 
Selain kandungan tersebut, jeruk lemon juga memiliki vitamin B6, vitamin B3, beta karoten, antioksidan, dan protein.
 
Manfaat jeruk lemon untuk kecantikan
1. Mencerahkan kulit
Antioksidan dan asam sitrat dalam lemon bekerja sebagai pemutih wajah alami yang dapat membantu mencerahkan kulit kusam dan mengurangi noda hitam.
 
2. Mengurangi minyak berlebih dan jerawat
Jeruk lemon dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah, munculnya jerawat komedo, dan mengangkat sel kulit mati, sehingga cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.
 
3. Menghindari bibir hitam dan pecah-pecah
Perasan air jeruk lemon atau masker jeruk lemon, ternyata bisa mencegah bibir menjadi hitam dan pecah-pecah. Konsentrasi AHA dalam jeruk lemon dapat mengelupas sel kulit mati sebagai eksfoliasi kulit.
 
4. Menyamarkan bekas jerawat dan bintik hitam
Pada masalah kulit, jeruk lemon dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan bintik hitam, sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah. Hal ini disebabkan adanya kandungan asam sitrat sebagai eksfoliasi sel kulit dan menciptakan sel kulit baru.
 
5. Mengencangkan kulit
Kolagen yang dirangsang oleh vitamin C dan asam askorbat membantu mengencangkan kulit menjadi lebih kenyal dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput.
 
Penggunaan jeruk lemon untuk kecantikan
 
1. Masker wajah
Campurkan perasan lemon dengan madu atau air untuk membuat masker wajah yang dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit.
 
2. Toner alami
Campurkan perasan lemon dengan air mawar untuk membuat toner wajah yang menyegarkan dan membantu menyeimbangkan pH kulit.

3. Scrub wajah
Campurkan perasan lemon dengan gula untuk membuat scrub wajah yang dapat mengangkat sel kulit mati.
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024