Jakarta (ANTARA) - Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI melaksanakan kunjungan kerja ke Majelis Kazakhstan di Astana untuk berbagai praktik terbaik manajemen parlemen dalam rangka penguatan kelembagaan DPR RI.

KBRI Astana melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta mengatakan delegasi BURT yang dipimpin oleh Wakil Ketua BURT DPR RI, Novita Wijayanti disambut oleh Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan, M. Fadjroel Rachman serta Ketua Komite Urusan Internasional, Pertahanan, dan Keamanan Mazhilis (DPR) Kazakhstan, Aigul Huspan.

“Kunjungan kerja kami ke Kazakhstan adalah untuk melakukan diskusi atau bertukar pikiran mengenai pengalaman yang dimiliki dalam upaya penguatan lembaga parlemen dan sistem pendukungnya. Dari contoh yang baik diharapkan dapat diadopsi agar proses penguatan kelembagaan DPR RI dapat berjalan lebih baik lagi,” kata Novita Wijayanti.

Menerima delegasi Indonesia, Huspan menyampaikan terima kasih atas kunjungan BURT DPR RI ke Kazakhstan dalam rangka untuk kemajuan kerjasama antar kedua negara.

“Parlemen kami dengan 98 anggotanya, berdedikasi pada tujuan untuk membangun hubungan internasional yang kuat. Kami menghargai integritas dan komitmen rakyat Indonesia dan berharap untuk meraih kesuksesan lebih lanjut dalam kemitraan kami”, kata Huspan.

Sementara itu, Dubes Fadjroel Rachman menuturkan bahwa Indonesia dan Kazakhstan memiliki hubungan bilateral yang kuat di semua tingkatan, tidak hanya di tingkat pemerintahan namun juga di tingkat parlemen.

Tahun lalu, katanya, Indonesia dan Kazakhstan merayakan ulang tahun ke-30 hubungan bilateral. Kemudian, pada tahun ini akan merayakan ulang tahun ke-31 dan juga ulang tahun ke-79 Hari Kemerdekaan Indonesia dalam sebuah resepsi diplomatik dengan tema Bali Night Festival pada Jumat, 16 Agustus di KazDrama Theater.

“Saya sangat yakin melalui kunjungan komite rumah tangga hari ini, kerja sama parlemen dan hubungan bilateral antara kedua negara akan semakin erat dan kuat”, ucap Dubes Fadjroel.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024