Dengan capaian angka produksi sepanjang semester pertama yang cukup tinggi itu, kami optimistis target produksi padi tahun ini bisa tercapai
Purwakarta (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyebutkan produksi padi di daerah tersebut sudah cukup tinggi, mencapai 149.812 ton gabah kering giling pada semester pertama 2024.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Purwakarta, Sri Jaya Midan, di Purwakarta, Selasa, mengatakan bahwa produksi padi itu akan terus meningkat karena panen raya musim tanam gadu masih berlangsung.

Musim tanam gadu ini biasanya berlangsung antara April-Juli, dengan masa puncak panen raya pada akhir Juli hingga Agustus. Atas hal itu produksi padi di Purwakarta diproyeksikan akan terus meningkat.

Ia menyebutkan, produksi padi semester pertama 2024 (Januari-Juni) mencapai 149.812 ton gabah kering giling atau setara dengan 96.044 ton beras.

Jumlah produksi padi tersebut dihasilkan dari areal persawahan seluas 17.970 hektare yang tersebar di 17 kecamatan di sekitar Purwakarta.

Menurut Midan, angka produksi semester pertama itu sudah mencapai sekitar 60 persen dari angka target produksi padi Purwakarta tahun 2024 sebanyak 250.100 ton gabah kering giling.

"Dengan capaian angka produksi sepanjang semester pertama yang cukup tinggi itu, kami optimistis target produksi padi tahun ini bisa tercapai," katanya.

Optimisme tersebut disampaikan dengan angka produksi panen raya pada Agustus ini yang diperkirakan mencapai 46.212 ton gabah kering giling atau setara 29.626 ton beras.

Jika ditambahkan dengan hasil panen Agustus tersebut, maka total angka produksi padi Purwakarta sepanjang Januari-Agustus sudah mencapai 196.024 ton gabah kering giling atau setara 125.670 ton beras.

"Jadi total produksi padi di Purwakarta sudah mencapai 78 persen dari total target produksi 2024," katanya.

Baca juga: Distan Purwakarta siapkan ratusan pompa air untuk antisipasi kemarau 
Baca juga: Panen raya musim rendeng di Purwakarta bergeser karena terlambat tanam
Baca juga: Dinas: 17.970 hektare sawah di Purwakarta tak bisa dialihfungsikan

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024