Taiyuan (ANTARA) - Gelaran China-ASEAN Week 2024, yang diselenggarakan bersama oleh China-ASEAN Center dan Pemerintah Rakyat Provinsi Shanxi, diadakan di Changzhi, Provinsi Shanxi, China utara, pada Senin (12/8) pagi waktu setempat.

Sebagai platform penting untuk meningkatkan pemahaman dan menunjukkan kerja sama antara China dan negara-negara ASEAN, gelaran China-ASEAN Week termasuk ke dalam rencana keseluruhan "Tahun Pertukaran Budaya dan Antarmasyarakat China-ASEAN 2024".

Selama gelaran ini berlangsung, Changzhi akan menjadi tuan rumah untuk serangkaian kegiatan, termasuk dialog tingkat tinggi, Konferensi Promosi Perdagangan dan Investasi China (Shanxi)-ASEAN, Pertukaran Pengembangan Pariwisata Budaya dan Pemuda China (Shanxi)-ASEAN, Pameran Kreatif Warisan Budaya Takbenda ASEAN-Shanxi, dan Karnaval Film China-ASEAN.

Saat ini, hubungan China-ASEAN berkembang sangat pesat, dan pembangunan Komunitas China-ASEAN dengan Masa Depan Bersama juga berjalan stabil, membuahkan hasil-hasil yang bermanfaat dan menguntungkan 2 miliar rakyat dari kedua belah pihak.

ASEAN telah menjadi mitra dagang terbesar bagi China selama empat tahun berturut-turut, dan China telah mempertahankan posisinya sebagai mitra dagang terbesar ASEAN selama 15 tahun berturut-turut. Konektivitas antara kedua belah pihak makin mendalam dan makin substansial.

Gubernur Provinsi Shanxi Jin Xiangjun menyampaikan bahwa provinsi tersebut bersedia menjadikan gelaran China-ASEAN Week 2024 sebagai kesempatan untuk memperdalam pertukaran dan interaksi dengan semua pihak, memperkuat kerja sama pragmatis di berbagai bidang, dan secara kontinu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Rekan-rekan dari semua lapisan masyarakat dipersilakan untuk berkunjung dan menikmati peradaban China kuno serta pemandangan Shanxi yang indah.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024