Jakarta (ANTARA) - Diabetes dianggap sebagai kondisi progresif seumur hidup, namun sebuah studi memberikan harapan bagi jutaan orang yang mengalaminya karena para peneliti mengatakan remisi diabetes dimungkinkan melalui intervensi diet sederhana.

Dikutip dari Medical Daily, Selasa (12/8), seorang pasien dianggap dalam remisi diabetes ketika kadar gula darah mereka turun di bawah batasan diabetes dan tetap berada di sana setidaknya selama tiga bulan, tanpa menggunakan obat penurun glukosa.

Remisi diabetes tidak berarti bahwa pasien tidak akan mengalami kadar gula darah tinggi di kemudian hari, tetapi mereka tidak akan mengalami gejala dan komplikasi dari kondisi tersebut.

Baca juga: Opsi sarapan sehat bantu kendalikan kadar gula darah

Sebuah studi terbaru yang dipimpin oleh tim peneliti dari NHS, Inggris, menemukan bahwa strategi diet penurunan berat badan yang disebut "diet sup dan shake” yang melibatkan penggunaan produk yang diformulasikan secara nutrisi seperti sup, shake, dan bar, dapat menyebabkan remisi diabetes tipe dua”

Tim peneliti menemukan manfaat tersebut setelah memeriksa peserta program NHS tipe dua Diabetes Path to Remission (T2DR), sebuah program intervensi perilaku selama 12 bulan untuk penurunan berat badan.

Program tersebut mencakup periode awal tiga bulan penggantian diet total di mana peserta mengonsumsi produk yang diformulasikan secara nutrisi seperti sup, shake, dan bar dengan total asupan kalori harian sebesar 800 hingga 900 kcal.

Baca juga: Ahli gizi ingatkan bahaya obesitas akibat konsumsi minuman manis

Dari 7.540 orang yang dirujuk ke T2DR, 1.740 individu mulai menggantikan diet total sebelum Januari 2022 dan menyelesaikan 12 bulan, dengan penurunan berat badan rata-rata sebesar 8,3 persen atau 9,4 kg.

Di antara subkelompok 710 peserta yang memulai program sebelum Januari 2022 dan memiliki dua pengukuran HbA1c yang tercatat, tingkat remisi diabetes adalah 27 persen, dengan penurunan berat badan rata-rata sebesar 13,4 persen.

Untuk 945 peserta yang menyelesaikan program dan memiliki dua pengukuran HbA1c yang tercatat, penurunan berat badan rata-rata adalah 10,3 kg, dan tingkat remisi mereka adalah 32 persen.

Baca juga: Ahli gizi tepis mitos soal penderita diabetes tidak boleh makan nasi

"Temuan terbaru ini menambah bukti nyata bahwa Program NHS England Type 2 Diabetes Path to Remission dapat membantu ribuan orang yang hidup dengan diabetes tipe dua dalam perjalanan penurunan berat badan dan remisi mereka, yang kita ketahui sangat menantang dan dukungan sangat penting," kata Dr. Elizabeth Robertson, Direktur Penelitian di Diabetes UK.

Dr. Elizabeth Robertson melanjutkan,"Kami berharap akan melihat lebih banyak orang mendapatkan manfaat di tahun-tahun mendatang dan peningkatan rujukan ke program ini terutama untuk orang yang baru didiagnosis dengan diabetes tipe dua dan pada orang yang lebih muda di mana dampak diabetes tipe dua dan remisi darinya sangat besar".

Baca juga: Penderita diabetes dianjurkan tidak berlebihan konsumsi buah

Baca juga: Mahasiswa UGM teliti ekstrak anggur untuk terapi neuropati diabetik

Penerjemah: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024