Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum kemarin, Senin (12/8), telah kami rangkum agar dapat dibaca kembali oleh Anda, mulai dari perkembangan persidangan Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh hingga tanggapan Kejaksaan Agung soal pemeriksaan Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto.

1. Saksi bantah sambungkan pihak beperkara di MA dengan Gazalba Saleh

Saksi kasus dugaan korupsi terkait penanganan perkara di Mahkamah Agung, Bahdar Saleh, membantah pernah menyambungkan salah satu pihak beperkara di MA dengan Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh.

Bahkan, ia mengaku tidak pernah berkomunikasi dengan Gazalba mengenai pengurusan perkara.

Selengkapnya baca di sini.


2. Polda Jateng libatkan labfor untuk selidiki kebakaran KM Kirana I

Polda Jawa Tengah akan menerjunkan tim laboratorium forensik (labfor) untuk mengetahui penyebab terbakarnya KM Kirana I milik PT Dharma Lautan Utama di perairan Semarang yang terjadi pada Minggu (11/8).

"Kami akan meminta bantuan labfor untuk menyelidiki penyebab kebakaran setelah situasi kapal memungkinkan," kata Direktur Polairud Polda Jateng Kombes Pol. Hariadi di Semarang, Senin (12/8).

Selengkapnya baca di sini.


3. Polri tetapkan eks pegawai BPOM tersangka pemerasan dan gratifikasi

Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) Bareskrim Polri menetapkan mantan pegawai BPOM berinisial SD menjadi tersangka dalam kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi terhadap Direktur PT AOBI berinisial FK senilai Rp3,49 miliar.

Wakil Dirtipidkor (Warditipidkor) Bareskrim Polri Kombes Pol. Arief Adiharsa dalam keterangannya di Jakarta, Senin (12/8), mengatakan, tindak pidana pemerasan dan gratifikasi yang dilakukan oleh SD sudah berlangsung sejak 2021 hingga 2023.

Selengkapnya baca di sini.


4. KPK periksa Ketua DPRD Maluku Utara Kuntu Daud

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (12/8), memeriksa Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara Kuntu Daud (KD) sebagai saksi penyidikan perkara dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka eks Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba (AGK).

"Saksi atas nama KD hari ini telah hadir di gedung merah putih KPK dalam rangka pemberian keterangan sebagai saksi untuk perkara dugaan TPK/TPPU di lingkungan Pemprov Maluku Utara dengan tersangka AGK," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (12/8).

Selengkapnya baca di sini.


5. Kejagung bantah Airlangga akan dipanggil terkait kasus CPO

Kejaksaan Agung (Kejagung) membantah kabar adanya pemanggilan terhadap Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk diperiksa terkait kasus perizinan ekspor crude palm oil (CPO) atau minyak goreng.

Pernyataan tersebut merupakan tanggapan pertanyaan awak media terkait adanya kabar bahwa Airlangga akan diperiksa pada Selasa (13/8).

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024