Banda Aceh (ANTARA) - DPP Gerindra telah menyerahkan surat keputusan (SK) dukungan untuk anggota DPR RI asal Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal untuk maju sebagai calon Wali Kota Banda Aceh pada Pilkada 2024 nanti.

"Iya, Alhamdulillah kemarin kami sudah menerima SK resmi yang diserahkan langsung oleh Bapak Ahmad Muzani (Sekjen DPP Gerindra), ini bersifat final," kata Illiza Sa'aduddin Djamal, di Banda Aceh, Senin.

Baca juga: Lembaga di Aceh bentuk koalisi kawal informasi demokrasi Pilkada 2024

Illiza mengatakan, dalam SK dukungan resmi dari DPP Gerindra yang diberikan kepada dirinya tersebut berpasangan dengan Afdhal Khalilullah (Calon Wakil Wali Kota). Afdhal sendiri merupakan kader Golkar Aceh.

Meski telah mendapatkan dukungan DPP Gerindra, anggota Fraksi PPP tersebut juga masih membangun hubungan dengan lintas partai lainnya, terutama Golkar dan Demokrat.

"Sampai saat ini hubungan lintas partai sangat baik dan kami masih terus berkomunikasi lintas partai khususnya Partai Golkar dan Partai Demokrat untuk mudah-mudahan bisa bergabung bersama koalisi kami," ujarnya.

Baca juga: Anggota DPR RI Nasir Djamil jadi cawalkot Banda Aceh

Sebagai informasi, selain anggota DPR RI, IIliza atau kerap disapa Bunda Eli juga merupakan mantan Wakil Wali Kota Banda Aceh periode 2007-2012 bersama almarhum Mawardy Nurdin.

Lima tahun berselang, Mawardy-Illiza kembali terpilih memimpin Banda Aceh pada Pilkada Aceh 2012. Namun, Mawardy meninggal dunia pada 2014 sehingga Illiza naik tahta menjadi Wali Kota hingga 2017.

Baca juga: Anggota DPR minta KPK klarifikasi pihak terkait soal pelaksanaan haji

Sedangkan, Afdhal Khalilullah adalah kader Golkar, sosok anak muda ini terbilang baru terjun ke dunia politik. Ia pernah memimpin Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Banda Aceh periode 2016-2019.

Saat ini, juga sedang menjabat sebagai Wakil Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) periode 2021-2026, Wakil Ketua Bidang OKK PDK Kosgoro Aceh periode 2020-2025.

Baca juga: Anggota DPR usulkan integrasi pengawas lembaga penegak hukum

Sebagai seorang pengusaha muda, Afdhal juga didapuk menjadi Wakil Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Aceh periode 2019-2022.

"Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat, semoga ikhtiar ini diridhai dan dimudahkan oleh Allah SWT," demikian Bunda Illiza.

Baca juga: Anggota DPR usul diadakan Kanwil Imigrasi dan Pemasyarakatan di daerah
Baca juga: Anggota DPR harap Komnas HAM-LPSK beri pendampingan kasus Paspampres

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024