Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Spanyol Atletico Madrid mengumumkan kedatangan penyerang asal Argentina Julian Alvarez dari tim juara bertahan Liga Inggris Manchester City.

"Klub sepakat dengan Manchester City terkait transfer penyerang Argentina itu untuk enam musim ke depan atau hingga tahun 2030," tulis Atletico dalam lama resminya, dikutip di Jakarta, Senin.

​​​Julian Alvarez, yang berumur 24 tahun, dianggap Atletico Madrid sebagai penyerang yang cepat, berteknik dan mempunyai kemampuan adaptasi yang baik dengan rekan-rekan di timnya.

Alvarez juga disebut sebagai pemain yang mampu mengisi semua posisi di lini serang, bahkan dapat diplot sebagai pengatur serangan (playmaker).

Baca juga: Chelsea buka pembicaraan dengan Atletico untuk bawa kembali Joao Felix

Terkait nilai transfer Alvarez ke Atletico Madrid, pakar transfer Eropa, Fabrizio Romano sempat menyatakan jumlahnya mencapai 75 juta euro (sekitar Rp1,3 triliun) plus 20 juta euro biaya tambahan.

Julian Alvarez mengawali karier sebagai tim muda di klub Argentina River Plate, di mana dia kemudian mencatatkan debut di skuad senior pada tahun 2018. River Plate lalu dibawanya menjuarai Copa Libertadores.

Alvarez pun menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Argentina pada musim 2020-2021 dengan 18 gol. Sepanjang memperkuat River Plate, dia mencatatkan 54 gol dan 31 assist di 122 pertandingan.

Selain Copa Libertadores, dirinya juga membantu klubnya meraih kampiun Copa Argentina, Supercopa Argentina, Primera División dan Trofeo de Campeones.

Dari River Plate, Alvarez menyeberang ke Inggris untuk berseragam Manchester City. Di sana, dia tampil pada 103 pertandingan di semua kompetisi, melesakkan 36 gol, membuat 13 assist dan membantu City merengkuh enam trofi juara termasuk Liga Inggris.

Di tim nasional Argentina, Alvarez merumput pertama kali pada 3 Juni 2021, di mana dalam beberapa bulan ke dirinya menjadi bagian dari keberhasilan Lionel Messi dan kawan-kawan menjadi yang terbaik di Copa America 2021, Kejuaraan Conmebol–UEFA dan Piala Dunia Qatar tahun 2022.

Pada musim panas 2024, Alvarez memenangkan Copa America keduanya dan memperkuat Argentina di Olimpiade 2024.

Sampai saat ini, dia membuat sembilan gol dan satu assist di timnas Argentina.

Baca juga: Chelsea setuju lepas Gallagher ke Atletico Madrid

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024