Denpasar (ANTARA) - Kepala Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Bali Denpasar Cep Nandi Yunandar mengatakan sinergi BPJAMSOSTEK dengan Telkomsel dalam bentuk Paket ComboFit Jamsostek dapat memperluas perlindungan ketenagakerjaan, terutama pada pekerja informal.

"Kolaborasi BPJAMSOSTEK dengan Telkomsel menghadirkan produk paket bundling ComboFIt Jamsostek adalah terobosan baru menuju universal coverage (cakupan universal) untuk memperluas program jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Nandi Yunandar di Denpasar, Senin.

Ia menyampaikan hal tersebut terkait dengan hadirnya Paket ComboFit Jamsostek di aplikasi My Telkomsel yang merupakan bentuk sinergi antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Telkomsel dan aplikasi kesehatan FITA. Paket ComboFit Jamsostek menyediakan paket data, layanan kesehatan, dan jaminan perlindungan sekaligus.

Baca juga: BPJSTK-Fita kolaborasi hadirkan paket proteksi pekerja informal

Paket ComboFit Jamsostek dengan harga Rp55 ribu melalui MyTelkomsel, pelanggan mendapatkan kuota data hingga 8 GB, langganan FITA Premium Plan selama 30 hari untuk akses ke rencana latihan, resep, artikel, video latihan, Food AI, hingga chat bersama coach, serta perlindungan BPJS Ketenagakerjaan yang dapat diaktifkan dengan link aktivasi yang dikirimkan langsung melalui SMS ke ponsel pelanggan.

"Kerja sama ini sangat penting karena dapat memberikan kemudahan bagi para pekerja. Fokus BPJS Ketenagakerjaan dan Telkomsel pada bundling ComboFIt Jamsostek adalah perlindungan untuk pekerja informal atau pekerja bukan penerima upah (BPU)," ujar Nandi Yunandar.

Menurut dia, dengan paket bundling tersebut tentunya akan sangat berguna untuk pekerja. "Kami juga berharap pekerja dapat semakin peduli terhadap jaminan sosial ketenagakerjaan karena risiko dapat terjadi kapanpun dan di manapun," kata Nandi Yunandar.

Baca juga: BPI Kemendes-BPJSTK jalin kerja sama terkait proteksi kerja warga desa

Sebelumnya Deputi Bidang Kepesertaan Program Khusus dan Keagenan BPJS Ketenagakerjaan I Putu Wiradana dalam keterangan tertulisnya mengatakan kerja sama tersebut merupakan langkah penting dalam menyediakan jaminan perlindungan kesehatan yang lebih luas bagi masyarakat khususnya perlindungan saat bekerja atau berusaha serta saat terjadi risiko kematian.

"Melalui Paket ComboFit Jamsostek, kami berharap dapat memberikan akses yang lebih mudah dan terjangkau untuk layanan kesehatan serta perlindungan ketenagakerjaan. Kami percaya kolaborasi ini akan membawa dampak positif yang besar bagi seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan," ucapnya.

BPJS Ketenagakerjaan, lanjut dia, akan terus menyesuaikan dan terus melakukan pendekatan untuk semua segmen pekerja Indonesia. Kemudahan bagi pekerja Indonesia dalam mendaftar, diharapkan akan mempercepat jaminan sosial ketenagakerjaan terimplementasi secara menyeluruh.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan gandeng Danamon permudah bayar iuran

VP Prepaid Consumer Marketing Telkomsel Tuty R Afriza berharap Telkomsel dapat membuka lebih banyak peluang akses digital layanan kesehatan yang lebih terjangkau dan komprehensif bagi seluruh pelanggan.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024