Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), selaku Subholding Gas PT Pertamina (Persero), memastikan gas bumi mengalir dan siap digunakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjelang upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024.

Sekretaris Perusahaan PGN Fajriyah Usman di Jakarta, Senin, mengatakan PGN menyediakan gas bumi di IKN menggunakan kombinasi layanan dengan moda beyond pipeline berupa gas terkompresi atau compressed natural gas (CNG).

Pada tahap ini, CNG diangkut menggunakan moda tabung silinder atau Gaslink Cylinder, yang disediakan di IKN dengan dua jenis yaitu Gaslink Cylinder berkapasitas 24 meter kubik per tabung dan 4 meter kubik per tabung/mini Gaslink Cylinder.

Pada Minggu (11/8/2024), rumah tapak jabatan menteri (RTJM) 105 telah terpasang Gaslink Cylinder dan telah mengalirkan gas perdana secara bertahap.

Gaslink Cylinder, yang dipasang di RTJM sejumlah 12 unit yang tersebar di 8 kavling. Selain RTJM, juga sudah terpasang di Istana Negara, Istana Garuda, Kantor Sekretariat Presiden, ASN 4 Tower B dan C, ASN 1 Tower B dan Tower C, rusun BIN, rusun Polri, Paspampes tower, Beranda Nusantara, dan Hotel Nusantara (pelanggan komersial milik swasta).

Total jumlah Gaslink Cylinder terpasang mencapai 34 unit dan siap melayani kebutuhan gas bumi di IKN.

Guna menunjang penyaluran gas bumi di IKN, PGN juga membangun pipa gas bumi sepanjang 61,1 km di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Sub WP 1A.

Adapun saat ini pasokan gas didatangkan dari Balikpapan, Kalimantan Timur, melalui intermoda transportasi gas bumi.

Penyediaan gas bumi IKN merupakan bentuk komitmen PGN sebagai pelaksana penugasan Pertamina dari pemerintah dalam menyediakan infrastruktur gas bumi.

Selain itu, juga sebagai wujud dukungan PGN terhadap rencana pemerintah untuk membangun kawasan industri hijau di IKN.

Dengan tingkat emisi, yang lebih rendah dibandingkan energi fosil lainnya, gas bumi dapat menjadi pilihan utama sebagai energi bersih.

Baca juga: PGN salurkan gas bumi ke hotel di IKN

Baca juga: PGN sebut infrastruktur gas bumi di IKN dibangun dalam lima tahapan


"PGN berkomitmen untuk menjalankan amanat dari pemerintah dalam menyediakan energi yang bersih di IKN. Saat ini, PGN berupaya optimal agar layanan gas bumi bisa beroperasi dengan aman guna mendukung kesiapan infrastruktur untuk peringatan HUT RI di IKN," ujar Fajriyah.

Fajriyah menambahkan PGN terus mengupayakan agar pembangunan infrastruktur gas bumi di IKN dapat berjalan sesuai dengan target.

Jaringan gas di IKN juga PGN siapkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan rumah tangga yang diproyeksikan sebanyak 9.996 sambungan rumah (SR).

PGN berkolaborasi Otorita IKN serta stakeholder lain agar penyediaan gas bumi di IKN dapat memberikan manfaat yang positif dan sejalan dengan cita-cita Indonesia menuju net zero emission pada 2060.

Selain itu, konsumen gas bumi akan mendapatkan layanan energi yang praktis, andal, aman dan ramah lingkungan.

"Pada masa transisi energi, gas bumi menjadi energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan, karena emisi CO2 yang dihasilkan dari penggunaan gas bumi lebih rendah dibandingkan dengan energi fosil lainnya. Selain itu, gas bumi berasal dari dalam negeri, sehingga menghemat devisa negara untuk kebutuhan impor energi," sebut Fajriyah.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024