Bila PKB dan PDIP bersatu, maka tidak akan ada kotak kosong di Pilkada Jatim. Jadi, kami lihat perkembangan dan dinamikannya dalam seminggu ini
Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mengumumkan dukungan untuk calon kepala daerah di Pilkada Jawa Timur dan Jakarta pada rentang antara 17-20 Agustus 2024.

“Tanggal 17 tuh sudah makin mengerucut,” kata Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi Teknologi PKB Ahmad Iman Sukri di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin.

Ia pun berusaha menjawab pertanyaan para jurnalis mengenai maksud mengerucut apakah seseorang atau pasangan calon kepala daerah. “Termasuk itu. Paling lambat tanggal 20. Sebelum muktamar harus selesai semua,” ujarnya.

Adapun Muktamar PKB yang dimaksud akan berlangsung di Bali pada 24-25 Agustus 2024 di Bali.

Baca juga: PKB akui usulan untuk dukung Anies di Pilkada DKI tak berjalan mulus

Saat ini, ia menjelaskan bahwa pihaknya sedang berkomunikasi, dan telah diajak bersama-sama oleh PDI Perjuangan di Pilkada Jatim.

Ia juga mengatakan bahwa baik PDIP maupun PKB mempunyai calonnya masing-masing, yakni Tri Rismaharini dan Marzuki Mustamar. Ia menyebut saat ini kedua pihak sedang mencari siapa yang terbaik untuk menempati posisi bakal calon gubernur atau wakil gubernur.

“Kami hitung kekuatannya bagaimana nanti, karena kami melawan petahana tentu harus punya nilai jual ya, agar pertarungannya bisa dimenangkan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa bila PKB dan PDIP bersatu, maka tidak akan ada kotak kosong di Pilkada Jatim.

“Jadi, kami lihat perkembangan dan dinamikannya dalam seminggu ini. Ini kan sudah tanggal 11 ya, pendaftaran tanggal 27. Jadi, dinamikanya pasti akan semakin cepat,” katanya.

Adapun untuk Pilkada Jakarta, ia mengatakan bahwa pihaknya sedang berbicara dengan PDIP, sehingga belum ada keputusan final hingga saat ini.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024