Balikpapan (ANTARA) - Staf Khusus Presiden Grace Natalie menjelaskan ketidakhadiran dua menteri, yakni Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga dalam sidang paripurna perdana di Ibu Kota Nusantara, Senin.

Dalam daftar hadir 35 menteri pada sidang kabinet paripurna di Istana Garuda, IKN, Senin, tertulis Menteri Nadiem izin cuti, sedangkan Menteri Bintang melakukan tugas khusus.

"Mas Menteri Nadiem saat ini sedang cuti karena ada urusan keluarga," kata Grace dalam pesan tertulis yang diterima di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin.

Grace juga menjelaskan bahwa Menteri Bintang hadir pada jamuan makan malam bersama para menteri di Area Sumbu Kebangsaan IKN, pada Minggu (11/4) malam.

Namun, Menteri Bintang Puspayoga tidak terlihat hadir pada sidang kabinet paripurna yang membahas tentang arahan Presiden soal Nusantara Baru, Indonesia Maju. Ia pun mengajukan izin melalui Sekretaris Kabinet (Seskab).

"Sementara Bu Bintang semalam hadir di makan malam bersama, namun pagi ini izin untuk tidak hadir ke Seskab," kata Grace.

Adapun para menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda, IKN, yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Sebelum menghadiri sidang paripurna, para menteri Kabinet Indonesia Maju terlihat berfoto bersama saat meninjau embung MBH di IKN.

Sebanyak 33 menteri hadir dalam kesempatan tersebut, antara lain Menko bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko bidang Polhuk Hadi Tjahjanto, Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Kemudian, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurto Yudhoyono, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara RB Azwar Anas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Baca juga: Menteri Bahlil: Empat perusahaan asing akan investasi di IKN

Baca juga: Menpan RB sebut seluruh menteri pindah kerja ke IKN

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024