Jakarta (ANTARA) - Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) sukses menggelar Kejuaraan Nasional Liong dan Barongsai ke-19 memperebutkan Piala Presiden dari 9 sampai 10 Agustus.

"Kami juga mengadakan pelatihan juri dan mengundang Master Tan Shan Chung, seorang pelatih senior dari Malaysia," kata Ketua Umum PBLSI Nurdin Purnomo dalam keterangan resmi di Jakarta pada Senin.

Kejuaraan nasional ini diadakan di Baywalk Mall, Jakarta, dan dijuarai oleh Xiong Shi Indonesia Sukabumi Jabar untuk kategori liong dan Patriot Dhamma DKI JAKARTA (Tim A) untuk kategori barongsai.

"Saya sangat senang bahwa sekarang, kita melihat rombongan naga dan singa di seluruh Indonesia, dan kita juga melihat semakin banyak anak muda dari kelompok etnis yang ramah berpartisipasi dalam tarian naga dan singa untuk mewarisi budaya Tionghoa,” imbuh Nurdin.

Baca juga: PLBSI akan gelar Piala Presiden Kejurnas Liong dan Barongsai 2024

Salah satu olahraga rekreatif itu kini berkembang sehingga diminati oleh lintas etnis Indonesia dan menjadi salah satu olahraga, kata dia.

Ketua Umum KORMI Hayono Isman mengatakan kejuaraan nasional liong dan barongsai bukan hanya ajang mencari juara namun juga sarana mempersatukan dan mempererat bangsa.

"Saya berdoa untuk para atlet yang hadir agar Anda dapat mendapatkan pijakan di masyarakat dengan pola pikir yang menang di masa depan dan membawa kejayaan bagi negara Anda dalam olahraga," ujar Hayono.

Baca juga: Menpora optimistis barongsai Indonesia bakal melejit dan berprestasi

Daftar pemenang Kejurnas Liong & Barongsai President Cup 2024 :

Kategori liong
1. Xiong Shi Indonesia - Sukabumi Jawa Barat
2. Naga Semesta - DKI Jakarta 
3. Singa Mas Sakti  - Bangka Belitung

Kategori barongsai
1. Patriot Dhamma - DKI JAKARTA (Team A)
2. Lian Guang - Tangerang, Banten (Team A)
3. Virya Dharma Lion Dance - Bekasi Jawa Barat
4. Singa Mas Sakti - Bangka Belitung (Team B)

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024