Sumut merupakan salah satu dari 13 sentra pangan kita di Indonesia, maka menjadi perhatian yang sangat serius.
Medan (ANTARA) - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mengatakan Sumatera Utara (Sumut) merupakan salah satu sentra pangan di Indonesia.

"Sumut merupakan salah satu dari 13 sentra pangan kita di Indonesia, maka menjadi perhatian yang sangat serius," ujar Wamentan Sudaryono, di Medan, Senin.

Oleh karena itu, dia mengatakan, berbagai program Kementerian Pertanian salah satunya pompanisasi yang harus ditingkatkan dalam menyongsong kemarau El Nino.

"Jadi, daerah yang tadah hujan untuk dialirkan air ke sawah, sehingga bisa ditanami untuk meningkatkan dari dua sampai tiga kali panen ke depan," kata Sudaryono.

Untuk itu, ia mengatakan dengan adanya pompanisasi para petani dapat menanam padi walaupun masih musim kemarau di Sumut ini.

"Untuk di Sumut target Agustus hingga September ini mencapai sekitar 97.000 hektare penambahan areal lahan terdiri dari optimasi lahan rawa, lahan tadah hujan dengan pompanisasi dan padi gogo," kata Sudaryono.

Secara rinci optimasi lawah rawa tersebut 30.442 hektare dengan progres areal 4.030,30 hektare, program pompanisasi 49.704 hektare progres areal 47.624 hektare dan tumpang sisip pagi gogo 17.148 hektare progres areal 10.386 hektare.

"Untuk itu, adanya kerja sama dari dinas pertanian, kodim, kelompok tani dan lainnya untuk mengejar target tersebut," kata Sudaryono.

Sementara itu, program bantuan kepada petani seperti pupuk dan bibit padi sudah baik dalam penyaluran. Tinggal, menurut Sudaryono, memanfaatkan air agar masuk ke sawah agar dapat ditanam padi dengan tujuan meningkatkan produktivitas.
Baca juga: Bulog: Bantuan pangan tahap kedua 2024 di Sumut tuntas pada Juli
Baca juga: Pemprov Sumut terus galakkan pelaksanaan Pekarangan Pakan Lestari

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024