Kami memasang CCTV di perlintasan-perlintasan, persimpangan-persimpangan, untuk mengawasi pergerakan dari kendaraan
IKN (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara mengatakan Nusantara Command Center berperan untuk menunjang pengawasan keamanan dan kelancaran operasional perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Nusantara Command Center ini berperan untuk koordinasi dan kolaborasi antarinstansi yang terlibat untuk pemantauan dan operasi terkait 17 Agustus nanti," ujar Direktur Data dan Kecerdasan Buatan Kedeputian Transformasi Hijau dan Digital OIKN Adhiguna Mahendra ketika ditemui ANTARA di Nusantara Command Center, IKN, Kalimantan Timur, Senin.

Adhi memaparkan bahwa sebagaimana pusat komando atau command center yang berada di kota-kota lainnya, Nusantara Command Center nantinya akan melakukan pemantauan keamanan melalui CCTV.

Pengawasan tersebut, kata dia, dilakukan di tempat-tempat yang ada tamu VVIP dan ruang-ruang publik.

Pengawasan dilakukan untuk ruang publik karena diperkirakan akan ada banyak masyarakat yang berkumpul ketika merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Lebih lanjut, Adhi juga menyebutkan OIKN akan mengawasi situasi lalu lintas pada perayaan 17 Agustus mendatang, mengingat tingginya potensi pergerakan masyarakat pada hari itu.

"Jadi, kami memasang CCTV di perlintasan-perlintasan, persimpangan-persimpangan, untuk mengawasi pergerakan dari kendaraan," ucap dia.

Selain itu, CCTV juga terpasang di titik-titik yang berpotensi terjadi kepadatan dan kemacetan. Dengan demikian, ketika terjadi kepadatan atau kemacetan, pemerintah dapat melakukan pengambilan keputusan.

"Untuk lalu lintas, kami bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan," kata Adhi.

Selain Kementerian Perhubungan, juga terdapat BMKG yang turut mengawasi cuaca dan kebencanaan, TNI-Polri terkait pertahanan dan keamanan, serta BSSN.

"Kami berkoordinasi dan berkolaborasi dengan berbagai instansi, tentunya integrasi data dan juga koordinasi sudah mulai kami terapkan," kata Adhi.

Menjelang 17 Agustus, Adhi mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa gladi resik dalam rangka memastikan kelancaran semua aspek, termasuk kelancaran dalam berkoordinasi dengan semua instansi yang terlibat.

Baca juga: Pembangunan tahap satu istana wapres di IKN ditargetkan rampung 2025
Baca juga: Prabowo Subianto: Pembangunan IKN pasti kita selesaikan
Baca juga: Presiden Jokowi: Prabowo setujui anggaran percepatan pembangunan IKN

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024