Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, melaksanakan operasi gabungan penertiban dan pengawasan sebagai menjaga kewaspadaan serta pengamanan di sejumlah titik strategis di kawasan tersebut.

Senior Manager of Branch Communication, M. Holik Muardi di Tangerang, Senin menyampaikan bahwa operasi bertajuk “Safe Parking Saves You” ini merupakan inisiatif dari manajemen bandara, yang bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Unit Public Security Bandara Soekarno-Hatta, BKO TNI, dan POLRI.

"Kami bekerja sama dengan pihak keamanan terkait untuk memastikan bahwa lingkungan bandara tetap aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa. Melalui penertiban ini, kami berharap semua pihak, termasuk penumpang dan pengunjung, dapat lebih memahami dan mematuhi peraturan yang berlaku demi kepentingan bersama," ujarnya.

Ia mengungkapkan, jika pengamanan gabungan ini dilaksanakan mulai tanggal 12 - 16 Agustus 2024 di beberapa area krusial, yang kerap kali menjadi titik konsentrasi lalu lintas dan parkir kendaraan.

Antara lain, lanjutnya, seperti area-area tersebut meliputi Parkir Umum Terminal 1, Keberangkatan Terminal 2, area Terminal 3, dan Terminal Kargo.

Pemilihan area ini didasarkan pada evaluasi rutin terhadap arus lalu lintas dan laporan mengenai adanya kendaraan yang diparkir sembarangan, yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan gangguan terhadap aktivitas operasional bandara.

"Dengan adanya operasi ini, diharapkan tercipta suasana yang lebih tertib dan teratur di lingkungan bandara, sehingga seluruh aktivitas dapat berlangsung dengan lancar tanpa hambatan," terangnya.

Selama operasi berlangsung,  pihaknya akan fokus melakukan penertiban kendaraan roda empat dan kendaraan roda dua yang parkir di tempat yang tidak semestinya.

"Kendaraan-kendaraan ini, tidak hanya mengakibatkan penyempitan jalan, tetapi juga berisiko tinggi terhadap terjadinya tindak kriminal, seperti pencurian kendaraan bermotor dan kejahatan lainnya," katanya.

Tim gabungan yang terlibat dalam operasi ini melakukan penindakan tegas terhadap pelanggar, termasuk memberikan teguran, penertiban, hingga pengamanan kendaraan yang melanggar peraturan parkir.

Selain itu, operasi pengamanan tersebut juga bertujuan untuk mengedukasi pengguna jasa bandara tentang pentingnya mematuhi aturan yang berlaku, demi terciptanya lingkungan yang aman dan kondusif bagi semua pihak.

"Kami sangat mengapresiasi kerja sama dari seluruh pihak yang terlibat dalam operasi ini, termasuk pengguna jasa yang sudah mematuhi aturan. Kami berharap, melalui kegiatan seperti ini, kepatuhan terhadap peraturan di lingkungan bandara dapat terus meningkat, sehingga semua pihak yang beraktivitas di bandara, baik penumpang, pengunjung, maupun pekerja, dapat merasakan manfaat dari lingkungan yang tertib dan aman," ungkapnya.

Ia menambahkan, jika manajemen Bandara Soekarno-Hatta akan terus berkomitmen untuk memastikan bahwa seluruh aktivitas di lingkungan bandara berjalan dengan tertib dan aman. Dengan operasi gabungan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pengguna bandara terhadap aturan yang berlaku, sehingga bersama-sama kita dapat menjaga Bandara Soekarno-Hatta sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi semua.

"Ke depan, Bandara Soekarno-Hatta juga akan terus melakukan upaya-upaya penertiban dan pengawasan untuk mendukung kenyamanan dan keamanan di lingkungan bandara, demi kepuasan dan keselamatan seluruh pengguna jasa," kata dia.

Baca juga: BC Soetta perketat pengawasan barang bawaan penumpang ke India

 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024