Jakarta (ANTARA) - Kisah hidup Cleopatra, Ratu Mesir Kuno yang cantik dan cerdas, banyak diadaptasi menjadi film karena prestasi dan kisah cintanya.

Film-film tentang Cleopatra biasanya mengangkat keberhasilan sang firaun memakmurkan dan menstabilkan Mesir selama hampir 22 tahun dan hubungan romantisnya dengan tokoh-tokoh bersejarah seperti Julius Caesar dan Markus Antonius.

Berikut ini terdapat beberapa film penting yang menggambarkan kehidupan dan masa pemerintahan Cleopatra:

5 film yang menceritakan Cleopatra

​​​​1. "Caesar and Cleopatra" (1945)


Film Inggris adaptasi dari drama "Caesar and Cleopatra" (1901) karya George Bernard Shaw itu disutradarai oleh Gabriel Pascal.

Film itu menceritakan kisah cinta Cleopatra dan politik di Mesir Kuno hingga Roma dan kependudukan Caesar di Alexandria setelah dia kalah di Pompeii.

"Caesar and Cleopatra" menjadi film Inggris termahal pada saat itu, dengan Vivien Leigh sebagai Cleopatra dan Claude Rains sebagai Caesar.

2. "Cleopatra" (1963)

Film produksi Amerika Serikat yang disutradarai oleh Joseph L. Mankiewicz itu menjadi standar penggambaran seorang Cleopatra.

Dengan Elizabeth Taylor sebagai tokoh utama, "Cleopatra" mengisahkan asmara sang ratu dengan Mark Anthony.

Kisah itu diadaptasi dari buku keluaran 1957 yang berjudul “The Life and Times of Cleopatra” karya Carlo Maria Franzero. 

Selain penggambaran Cleopatra dan kostum yang melegenda, film itu memenangkan empat nominasi Piala Oscar.

3. "Antony dan Cleopatra" (1972)

Film itu diadaptasi dari drama "Antony and Cleopatra" karya William Shakespeare. Disutradarai oleh Charlton Heston, "Antony and Cleopatra" mengangkat kisah cinta sang ratu dengan sang penguasa Roma.

Hildergade Niel dan Charless Heston, selain sutradara, berperan sebagai tokoh utama film tersebut.

4. "Asterix & Obelix: Mission Cleopatra" (2002)

Film yang menceritakan komedi fantasi diproduksi oleh Italia-Prancis tersebut terinspirasi dari serial buku komik Asterix karya Albert Uderzo dan Rene Goscinny.

Diperankan oleh Christian Clavier, Monica Bellucci dan Gerard Depardieu, "Asterix & Obelix: Mission Cleopatra" menceritakan Cleopatra yang sepakat dengan Julius Caesar membangun istana di Alexandria, yang lebih besar dari istana Caesar di Roma.

5. "Queen Cleopatra" (2023)

Serial dokumenter Netflix itu mengeksplorasi kehidupan dan warisan Cleopatra VII, ratu Mesir terakhir.

Film ini menggabungkan dokumentasi sejarah dengan rekonstruksi dramatis untuk memberikan pandangan yang mendalam tentang Cleopatra, mencakup kisah hidupnya dari kebangkitan sebagai penguasa Mesir hingga hubungannya yang terkenal dengan Julius Caesar dan Markus Antonius, sampai tantangan politik dan militer yang dihadapinya.

Diperankan oleh Jada Pinkett Smith yang berperan sebagai tokoh utama dan narator, Adele James sebagai Cleopatra, Craig Russell sebagai Mark Antony, John Partridge sebagai Julius Caesar.

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024