Pekanbaru (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) memberikan beasiswa untuk 10 pelajar di Provinsi Riau guna melanjutkan studi S-1 di Universitas Pertamina di Jakarta.

"Beasiswa ini merupakan komitmen perusahaan dalam membentuk generasi muda Riau yang berkualitas untuk menjadi pemimpin di masa depan," kata Direktur Utama PHR Ruby Mulyawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Pekanbaru, Senin.

Menurut Ruby, penerima beasiswa ini diharapkan setelah lulus kuliah dapat berkontribusi bagi pembangunan Riau.

Baca juga: Beasiswa PHR siapkan siswa terpilih tempuh S1 di Universitas Pertamina

Ia menyebutkan beasiswa prestasi S1 PHR diikuti oleh 800 siswa SMA/SMK/MA sederajat. Setelah melewati berbagai proses seleksi ketat, mulai seleksi administrasi, tes potensi akademik, wawancara hingga kemampuan menyampaikan pendapat dalam forum group discussion (FGD) ditetapkan 10 penerima beasiswa.

"Sepuluh penerima beasiswa terpilih merupakan keputusan bersama antara Dinas Pendidikan Provinsi Riau, PT PHR, Pertamina Foundation, dan Universitas Pertamina. Pelaksanaan program beasiswa ini dilakukan PHR bekerja sama dengan Pertamina Foundation sebagai pelaksana," katanya.

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S. Asngari mengatakan seleksi ketat untuk memastikan mereka terpilih adalah siswa-siswa yang benar-benar berpotensi agar mereka unggul dalam akademik sekaligus memiliki jiwa kepemimpinan dan kepedulian sosial.

Baca juga: PHR buka program magang kerja bagi lulusan perguruan tinggi

Ia mengatakan tahun 2024 menjadi tahun kedua penyelenggaraan program Beasiswa Prestasi S1 PHR. Pada tahun 2023 tercatat 10 penerima beasiswa asal Riau menunjukkan prestasi dengan IPK rata-rata 3,62/4,00. Mereka juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial, pengembangan diri, serta perlombaan.

Beasiswa yang diberikan berupa pembebasan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dipungut di awal kuliah, pembebasan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) atau uang kuliah per semester hingga lulus, pembebasan biaya daftar ulang, bantuan biaya hidup hingga asrama serta biaya program pengembangan kapasitas dan Aksi Sobat Bumi.

Baca juga: PHR: Program beasiswa putra-putri Riau 2024 untuk ciptakan SDM unggul

Para penerima beasiswa prestasi S1 PHR adalah Aini Opira Mulya dari SMA Negeri 2 Ujung Batu, Astika Nurulia Rahmi (MAN Insan Cendekia), Atallah Abbyyah Putera (SMAN Plus Provinsi Riau), Elisabeth Nainggolan (SMA Negeri 1 Bagansinembah), Florisina Nabila Putri (SMA Negeri 2 Siak Hulu), Laili Azzahra Rambe (SMA Negeri 8 Mandau), Zakiyah Fadhilah Putri (SMA Negeri 8 Mandau), Neila Faaizah Asynur (SMA Negeri 1 Kampar), Puti Nur Sakinah (MAN 1 Kota Dumai), dan Zurriyanti Hasanah (SMA Negeri 1 Sungai Apit).
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024