kegiatan ini mendapat dukungan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DKI Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu  mencegah penyebaran penyakit rabies melalui strerilisasi dan vaksinasi terhadap hewan penular rabies di wilayahnya.

"Hari ini kami melakukan sterilisasi dan vaksinasi rabies terhadap 135 hewan penular rabies (HPR) di halaman kantor Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara," kata Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Nurliati di Jakarta,Senin.

Ia mengatakan kegiatan ini mendapat dukungan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DKI Jakarta yang bertujuan mengendalikan populasi Hewan Penular Rabies (HPR) untuk mencegah peningkatan kasus rabies.

Menurut dia kegiatan ini menyasar pada hewan peliharaan milik warga dan kucing liar di Pulau Panggang.

"Total yang berhasil kita sterilisasi dan vaksinasi rabies ada 135 ekor kucing," kata dia.

Ia menyebutkan dari total 135 ekor kucing tersebut didapatkan 65 ekor jantan dan 70 ekor betina.

Menurut dia hewan yang disterilisasi dan vaksinasi rabies ini harus memiliki kondisi sehat, tidak hamil dan menyusui, minimal berusia delapan bulan, serta memiliki berat minimal dua kilogram.

"Sterilisasi dan vaksinasi rabies ini merupakan kegiatan rutin dan disediakan secara gratis. Kami akan terus memasifkan kegiatan ini di setiap pulau pemukiman warga," kata dia.

Sementara, Lurah Pulau Panggang, Muhammad Fakih Burhanudin mengapresiasi dan mendukung kegiatan vaksinasi rabies dan sterilisasi upaya untuk pengendalian hewan liar khususnya di lingkungan Pulau Panggang.

Menurut dia kegiatan ini terus digencarkan agar tidak ada masyarakat yang tersebar penyakit rabies.

"Bahkan steril ini juga penting terutama yang tidak ada pemiliknya," kata dia

Seorang warga Pulau Panggang, Wahid (51) menyambut positif kegiatan tersebut, dirinya membawa dua ekor kucing yang merupakan hewan kesayangan anaknya.

Menurutnya dengan dilakukan steril hewan semakin sehat, nafsu makan tinggi dan tidak agresif atau tenang.

"Ini kegiatan yang luar biasa, bahkan tiap tahunnya sering diadakan. Selain steril juga ada pemberian vaksinasi rabies. Kebetulan ini gratis dan lokasinya dekat dari rumah," kata dia.
Baca juga: Kepulauan Seribu cegah penyebaran rabies dengan vaksinasi hewan liar
Baca juga: Jakbar vaksinasi 3.397 hewan penular rabies
Baca juga: Pemkot Jakpus vaksinasi 64 hewan penyebar rabies di Johar Baru


 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024