Kabupaten Bekasi (ANTARA) - PT Data Lake Indonesia mengumumkan kerja sama dengan Starlink sebagai mitra resmi di Indonesia untuk memudahkan masyarakat memiliki perangkat layanan internet berkecepatan tinggi yang dapat diakses di seluruh penjuru negeri.

Dalam kerja sama ini Starlink menawarkan solusi kebutuhan konektivitas yang cepat dan andal dengan kecepatan internet tinggi melalui jaringan satelit di orbit yang lebih dekat dengan bumi, pemasangan instan, serta koneksi mudah.

"Kemitraan resmi kami dengan Starlink adalah bentuk komitmen kami untuk kemudahan pengalaman digital yang optimal bagi pelanggan kami, termasuk kemudahan mendapatkan produk secara resmi. Dengan Starlink, koneksi internet kini tidak lagi menjadi hambatan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, baik untuk wilayah terpencil yang sulit terjangkau layanan internet, maupun untuk wilayah perkotaan yang sudah memiliki akses internet namun kecepatannya rendah dan sering putus," kata CEO PT Data Lake Indonesia Joshua Yaury, Senin.

Ia menjelaskan menurut data terbaru Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sekitar 20 persen wilayah Indonesia masih mengalami keterbatasan dalam akses internet berkualitas tinggi.

Kecepatan internet di beberapa daerah terpencil sering kali jauh di bawah standar global dengan banyak wilayah hanya memiliki akses ke koneksi yang lambat dan tidak stabil.

Dalam sebuah studi oleh Ookla pada tahun 2023, rata-rata kecepatan unduh internet di Indonesia tercatat hanya sekitar 25 Mbps, jauh di bawah standar negara maju. Di daerah pedesaan dan wilayah luar Jawa, kecepatan ini sering kali lebih rendah dan konektivitas sering terputus-putus.

Kemudian kerja sama Data Lake Indonesia dengan Hypermart dan Lazada juga menjadi solusi mengatasi tantangan jangkauan akses serta kesenjangan konektivitas dengan memastikan ketersediaan produk Starlink dalam stok siap pakai sehingga memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi dan sosial.

"Akses internet yang terjangkau sudah menjadi kebutuhan dasar di era digital sekarang ini dan dengan jaringan Hypermart yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia, masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan produk Starlink di gerai-gerai kami. Kerja sama antara Hypermart dan Data Lake Indonesia menjadi salah satu strategi kami meningkatkan bisnis perusahaan menyediakan produk yang lengkap, solusi lebih cepat, serta layanan lebih bagi pelanggan kami," kata Deputy CEO PT Matahari Putra Prima Jerry Goei sebagai holding company Hypermart.

Produk Starlink tersedia untuk dibeli secara langsung di gerai-gerai Hypermart dan dalam tahap pertama, produk Starlink dapat ditemukan di enam gerai yakni Hypermart Puri Indah, Hypermart Supermall Karawaci, Hypermart Villa Melati Mas, Hypermart Mal Lippo Cikarang, Hypermart Cibubur Junction dan Hypermart Supermall Pakuwon Indah Surabaya.

Selain itu, konsumen juga dapat memperoleh produk Starlink secara daring melalui platform eCommerce Lazada.  

 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024