Tetapi bagaimana peran perpustakaan ini, jadi ruang terbuka agar seluruh warga masyarakat bisa belajar kontekstual di perpustakaan.
Siak, Riau, (ANTARA) - Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia Adin Bondar meresmikan pemakaian Gedung Layanan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, yang dibangun senilai Rp9,2 miliar.

Adin Bondar meresmikan gedung yang terletak di Kantung Kota Siak tepatnya di Jalan Sapta Taruna, Kota Siak Sri Indrapura, Senin.

Gedung ini dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2023 dengan peruntukan pembangunan gedung fasilitas layanan perpustakaan umum daerah Kabupaten Siak

Dia mengatakan perpustakaan tidak hanya ditinjau dari aspek fisiknya, namun harus berfungsi sebagai ruang publik yang memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat. Seperti rekreasi, edukasi dan juga berfungsi sebagai pelestari khazanah budaya bangsa.

“Perpustakaan yang ada saat ini tidak hanya dimaknai, hanya sebatas gedung. Tetapi bagaimana peran perpustakaan ini, jadi ruang terbuka agar seluruh warga masyarakat bisa belajar kontekstual di perpustakaan,” kata dia.

Adin menekankan pentingnya kecakapan literasi dalam kemajuan suatu negara. Ia juga menyoroti pentingnya kebijakan yang tepat dalam pengarsipan suatu bacaan untuk mendukung literasi yang baik.

"Salah satu prioritas nasional kita adalah peningkatan literasi, yang dibangun dalam tiga aspek di antaranya pengembangan kegemaran membaca, meningkatkan konten literasi, serta mendorong agar adanya aksesibilitas dan transformasi terpusat bagi warga negara republik indonesia," ujarnya lagi.

Wakil Bupati Siak Husni Merza yang ikut mendampingi peresmian berterima kasih kepada Perpusnas yang telah membantu pembangunan gedung tersebut, sehingga saat ini bisa diresmikan operasionalnya. Selanjutnya ini menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Perpustakaan dan Arsip dalam meningkatkan indeks literasi di Kabupaten Siak.

“Alhamdulillah saat ini sebagaimana kita saksikan bersama-sama sudah berdiri gedung baru fasilitas layanan perpustakaan Kabupaten Siak dengan sangat megah,” ujarnya pula.
Baca juga: Buku religi diminati selama Ramadan
Baca juga: Dapat nilai A, Pekanbaru sabet penghargaan kearsipan tingkat nasional

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024