Jakarta (ANTARA) - Racun ikan buntal, yang termasuk dalam famili Tetraodontidae, sangat berbahaya dan merupakan sistem pertahanan hewan tersebut dari predator.

Meskipun memiliki racun, ikan buntal di Jepang dikonsumsi sebagai makanan mewah dan hanya boleh disiapkan oleh koki khusus yang sudah terlatih mengolah ikan tersebut. Sementara di Indonesia, ikan buntal dijadikan ikan hias air laut dan tidak jarang juga dikonsumsi.

Bagaimana kandungan racun ikan buntal dan apa saja reaksi serta efeknya pada tubuh manusia apabila menyentuh atau mengonsumsinya? 

Racun

Ikan buntal memiliki kandungan racun yang disebut dengan tetrodotoksin (TTX). Racun ditemukan di hati dan ovarium, serta kulit dan otot pada beberapa spesies ikan tersebut.

Tetrodotoksin tidak akan hilang meskipun sudah dimasak.

Bagi manusia, tetrodotoksin sangat berbahaya dan mematikan. Racun itu lebih berbahaya hingga 1.200 kali dibandingkan racun sianida. 

Racun yang terkandung dalam seekor ikan buntal cukup untuk membunuh 30 orang dewasa, dan belum ada penawarnya sampai saat ini.

Reaksi racun dan efeknya

Keracunan ikan buntal dapat berlangsung sangat cepat dan kematian bisa terjadi dalam waktu empat hingga enam jam setelah mengonsumsi ikan buntal.

Tahapan gejala yang akan terjadi jika keracunan ikan buntal adalah sebagai berikut:
  1. Gejala awal akan terjadi pada 20 menit hingga 3 jam setelah konsumsi ikan. Penderita akan mulai merasa mati rasa pada bibir, ujung lidah, dan ujung jari. Orang yang keracunan juga merasakan sakit kepala atau sakit perut hingga muntah.
  2. Tahap selanjutnya adalah mengalami kelumpuhan sensorik, bicara menjadi cadel, kesulitan bernapas dan penurunan tekanan darah.
  3. Korban akan mengalami kelumpuhan motorik total dan bahkan tidak bisa menggerakkan jarinya.
  4. Jika tidak ditangani, korban akan kehilangan kesadaran serta henti jantung dan pernapasan, yang berujung pada kematian.
  5. Gejala-gejala tersebut akan muncul jika kita mengonsumsi atau menyentuh racun ikan buntal. 
  6. Kecuali Anda benar-benar ahli dan memahami racun dari setiap jenis ikan buntal, sebaiknya jangan memakan atau menyentuh ikan tersebut apalagi ketika ikan sedang menggembung.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024