Islamabad (ANTARA) - Presiden Pakistan Asif Ali Zardari pada Minggu (11/8) mengatakan bahwa negaranya terus berupaya maksimal untuk sepenuhnya memastikan pemberdayaan politik, sosial, dan ekonomi kaum minoritas yang tinggal di negara Asia Selatan tersebut.

"Pakistan berkomitmen untuk melindungi hak-hak dan kebebasan beragama kaum minoritas. Kaum minoritas menikmati semua hak yang telah dijamin oleh Konstitusi Pakistan," kata sang presiden dalam pesannya pada Hari Nasional Kaum Minoritas yang diperingati pada Minggu.

Menyoroti peran luar biasa kaum minoritas dalam pembangunan bangsa, Zardari mengatakan bahwa pemerintah telah mengambil sejumlah langkah untuk melindungi hak-hak mereka dan memberi mereka kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan dalam hidup.

"Dalam hal ini, Pakistan mengalokasikan kuota 5 persen untuk kaum minoritas dalam pekerjaan pemerintahan dan kursi terpisah di kedua majelis parlemen untuk mendorong mereka memainkan peran yang efektif dalam pembangunan politik dan nasional negara ini," ujarnya.

Selain itu, langkah-langkah sedang diambil untuk memberikan bantuan keuangan bagi individu yang miskin dan yang berhak menerimanya serta beasiswa bagi pelajar dari komunitas minoritas untuk pendidikan mereka, imbuhnya.

Zardari mengatakan bahwa kaum minoritas Pakistan mencapai prestasi luar biasa di segala bidang dan akan terus memainkan peran positif mereka dalam pembangunan negara.

Presiden Pakistan itu juga mendesak semua lapisan masyarakat untuk memberikan edukasi kepada warga tentang hak-hak mereka dan berupaya mempromosikan kerukunan antaragama, semangat cinta, toleransi, persaudaraan, dan persatuan untuk menjadikan Pakistan negara yang kuat.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024