turnamen ini guna memacu kualitas ternak
Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan menggelar Kontes Ternak Kambing dan Domba Bupati Cup untuk memacu semangat masyarakat dalam beternak hewan mamalia tersebut.

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah di Martapura, Senin mengatakan bahwa lomba kontes ternak kambing dan domba merupakan salah satu inovasi terbaru yang digagas oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Diskanak) wilayah setempat.

"Acara ini juga sekaligus dalam rangka menyambut HUT RI ke-79 tahun 2024," ujar dia.

Bupati mengatakan, terobosan ini merupakan salah satu cara untuk memotivasi masyarakat dalam menyukseskan visi dan misi OKU Timur Maju Lebih Mulia.

"Peternakan masuk dalam visi dan misi OKU Timur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dengan kontes ini diharapkan dapat memacu tingkat kesejahteraan masyarakat di OKU Timur dari hasil membudidayakan peternakan kambing dan domba.

"Jadikan peternakan sebagai produk unggulan OKU Timur setelah ikan patin dan padi. Untuk meningkatkan populasi hewan ternak ini kami juga sebelumnya telah menyalurkan bantuan kambing dan domba untuk dibudidayakan oleh masyarakat," harapnya.

Baca juga: Pemkab Situbondo gelar kontes ternak tingkatkan harga jual
Baca juga: Pemkab Gunungkidul gelar kontes ternak Ongole lestarikan sapi lokal


Kepala Diskanak OKU Timur Yuni Harianto dalam laporannya mengatakan, lomba atau turnamen ternak kambing dan domba Bupati Cup I merupakan salah satu cara untuk mendorong peternakan lokal agar sejajar dengan pertanian dan perikanan.

"Tujuan dari turnamen ini guna memacu kualitas ternak dan menjadi ajang silaturahmi bagi peternak kambing dan domba. Selain itu juga untuk mengoptimalkan populasi peternakan kambing dan domba di OKU Timur," kata dia.

Dalam kontes tersebut terdapat delapan kategori perlombaan antara lain calon indukan kambing boer, indukan kambing boer, calon pejantan kambing boer, calon pejantan domba, calon indukan domba unggul, calon pejantan domba unggul dan pejantan unggul kambing boer.

"Peserta yang ikut dalam kontes ini tidak hanya peternak lokal saja, namun ada juga dari Kabupaten OKU, Kota Palembang dan Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung," ujarnya.

Baca juga: Bupati Banyuwangi: Kontes hewan ternak jadi ajang promosi peternakan
Baca juga: Pemprov Bali gelar kontes ternak dan panen pedet
Baca juga: Indramayu gelar kontes ternak sapi potong

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024