Kabul (ANTARA) - Sebanyak 1.779.603 pengungsi Afghanistan telah kembali ke tanah air mereka dari Pakistan, Iran, dan negara-negara lainnya dalam 12 bulan terakhir, menurut laporan Kementerian Pengungsi dan Repatriasi Afghanistan pada Minggu (11/8).

"Perlu disebutkan bahwa saat ini, kami memiliki 7 juta pengungsi di luar negeri dan 3 juta pengungsi di dalam wilayah Afghanistan," ujar Mawlavi Abdul Rahman Rashid, deputi dari kementerian itu dalam sebuah program pemerintah.

"Saat ini, kami memiliki kurang lebih 46 kota bagi para pengungsi di sekitar 29 provinsi," ujar Mawlavi Mahmoud-ul-Haq Ahadi, kepala bagian perencanaan dan kebijakan kementerian tersebut.

Menurut Ahadi, untuk mengatasi isu-isu yang dihadapi oleh para migran dan warga Afghanistan yang telah kembali ke kampung halaman mereka, kementerian itu telah menandatangani 93 Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan sejumlah organisasi mitra, 7 lembaga, dan 14 institusi pendidikan selama periode tersebut.

Lebih dari 788.000 pengungsi internal Afghanistan dan keluarga yang telah kembali dengan kolaborasi organisasi bantuan internasional telah menerima bantuan keuangan, bahan makanan, dan nonmakanan selama periode tersebut, tutur Ahadi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024