Hari ini, kami melakukan penyaluran perdana bantuan air bersih untuk warga terdampak kekeringan
Banjarnegara (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, untuk pertama kalinya menyalurkan bantuan air bersih bagi warga terdampak kekeringan pada musim kemarau tahun 2024.

"Hari ini, kami melakukan penyaluran perdana bantuan air bersih untuk warga terdampak kekeringan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo di Banjarnegara, Senin.

Menurut dia, bantuan air bersih sebanyak 1 tangki setara 5.000 liter itu ditujukan untuk membantu 84 keluarga di Desa Kaliajir RT 4 RW 3, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara.

Ia mengharapkan bantuan air bersih yang bersumber dari APBD Kabupaten Banjarnegara Tahun 2024 tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang terdampak kekeringan.

Baca juga: NTB distribusikan 355.000 liter air untuk warga terdampak kekeringan
Baca juga: Kemensos berikan bantuan air bersih untuk 4.000-an warga di Cilacap


Selain Desa Kaliajir, kata dia, pihaknya telah menjadwalkan pendistribusian bantuan air bersih untuk warga Desa Petir, Kecamatan Purwanegara, dan Desa Kebutuhjurang, Kecamatan Pagedongan.

"Pemerintah Desa Petir dan Kebutuhjurang secara resmi telah mengajukan surat permohonan bantuan air bersih. Pendistribusiannya sudah kami jadwalkan, rencananya besok (Selasa, red.)," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya siap menyalurkan bantuan air bersih berapa pun kebutuhan masyarakat asalkan ada surat permohonan yang diajukan secara resmi oleh pemerintah desa setempat.

Oleh karena itu, kata dia, bagi pemerintah desa yang wilayahnya telah terdampak kekeringan diimbau untuk segera mengajukan surat permohonan bantuan air bersih.

Menurut dia, surat permohonan tersebut menjadi dasar BPBD Kabupaten Banjarnegara untuk menyalurkan bantuan air bersih bagi warga yang membutuhkan.

"Namun sebelum dilakukan pendistribusian, kami terlebih dulu akan melakukan survei lokasi untuk memastikan kesiapan tempat penampungan bantuan air bersih termasuk titik penyalurannya," kata Andri.

Baca juga: BPBD Ponorogo salurkan air bersih untuk warga terdampak kekeringan
Baca juga: Dirut Pertamina sebut bantuan program air bersih terus dilanjutkan 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024