Medan (ANTARA) - GOR Futsal Dispora Sumut di Jalan Pancing/Willem Iskandar Deli Serdang, dinilai sudah siap digunakan pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut yang untuk cabang olahraga futsal 29 Agustus hingga 8 September 2024.

Technical Delegate Futsal PON XXI 2024, Albinus Laurensius mengungkapkan GOR Futsal Dispora Sumut secara umum sudah bisa digunakan, menyusul renovasi yang hampir rampung dengan penyelesaian hanya menyisakan pekerjaan sekitar 10 persen saja.

"Waktu terakhir saya cek kondisinya 80-90 persen sudah siap. Memang ada catatan-catatan yang terakhir saya kasih kemarin ke panitia," katanya.

Futsal PON 2024 sesuai jadwal akan digelar mulai 29 Agustus hingga 08 September 2024. Futsal putra PON 2024 diikuti 11 tim dibagi dalam Grup A dan B, sedangkan putri diikuti sembilan tim yang juga dibagi dalam Grup A dan B.

"Kemudian kemarin waktu gelar karpet, agak terbentuk dengan ubin, kemarin sudah diminta untuk dirapikan, kemarin di kunjungan terakhir mereka menyatakan siap, jadi tinggal lihat lagi dulu seperti apa kondisinya," kata Albinus.

Baca juga: Mengintip kesiapan Sumut sambut PON XXI 2024

Menurutnya, kesiapan yang akan diperbaiki menyisakan hal-hal kecil.

"Soal kesiapan GOR, saya difasilitasi Dispora sampai datang lima kali untuk memastikan. Saya memastikan itu untuk GOR-nya sudah siap. Tapi secara akses, penempatan drop-off pemain tinggal butuh diatur di saat makin dekat ke hari H. Itu paling di H-3, H-2 udah siap, karena itu terkait akses untuk persiapan kedatangan tim waktu pertandingan," katanya.

Demi mematangkan persiapan menggelar pertandingan, panitia juga sudah menggelar bimtek selama tiga hari mulai Minggu hingga Selasa.

Albinus Laurensius yang hadir sebagai pemateri menyebutkan dirinya berfokus menerangkan buku panduan atau Technical Handbook yang memberikan materi terkait hal-hal teknis di GOR, serta tugas dan tanggung jawab masing-masing bidang.

"Saya yakin secara pribadi ini bukan baru buat teman-teman. Cuma kita perlu refresh lagi, apalagi ini event besar dengan skala nasional multi-event," katanya.

Dia juga mengapresiasi upaya sungguh-sungguh PB PON Wilayah Sumut serta panitia pelaksana dalam mempersiapkan venue futsal PON 2024.

"Saya juga berterima kasih kepada PB PON dengan teman-teman panitia yang memfasilitasi ini jauh-jauh hari sehingga bisa refresh. Kenapa ? Karena ketika saya datang lagi nanti mungkin pekerjaan sudah betul-betul fokus persiapan di GOR," katanya.

Baca juga: Polda Sumut pastikan atlet bertanding di PON menuju arena tepat waktu

Pewarta: Juraidi
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024