Kami apresiasi warga sekitar dan juga kelompok tani yang telah membantu panen bawang merah tersebut. Tadinya lahan ini masuk Red Zone sekarang sudah menjadi Green Zone,
Depok (ANTARA) - Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan bersama para anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat melakukan panen raya bawang merah di Lahan Urban Farming Jalan Juanda Kota Depok, Jawa Barat, Senin.


Selain panen bawang merah, Pangdam Jaya bersama Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Depok, Silvia Desty Rosalina, Dandim Kota Depok, Letkol Iman Widhiarto melakukan penanaman bibit cabai.

Pangdam Jaya mengatakan bahwa, Urban Farming adalah merupakan program ketahanan pangan yang telah dicanangkan oleh Panglima TNI dan KSAD dengan maksud untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Selain itu yang terpenting dalam pelaksanaan ada keterlibatan masyarakat dan dampak yang diberikan kepada masyarakat berapapun nilainya.


"Kami apresiasi warga sekitar dan juga kelompok tani yang telah membantu panen bawang merah tersebut. Tadinya lahan ini masuk Red Zone sekarang sudah menjadi Green Zone," jelasnya.

Pangdam menjelaskan Urban Farming juga dilakukan oleh seluruh Dandim jajaran Kodam Jaya untuk mencari lahan kosong, mencari lahan non produktif yang bisa dimanfaatkan dengan komoditi yang singkat yakni tanaman cabe, bawang merah dan sayuran serta yang lainnya.

HAl itu untuk bisa memberikan peningkatan taraf hidup masyarakat, dan yang lebih penting mencoba mengurangi penyakit masyarakat.


Sementara itu Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengatakan, mendukung pemanfaatan lahan tidur dengan menanam bawang dan juga cabai untuk membantu ketahanan pangan.

"Penyuluh-penyuluh pertanian dari Pemkot Depok juga turut andil dalam memberi penyuluhan lahan urban farming ini," kata Imam.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024