Jakarta (ANTARA) - Tepat hari ini atau 12 Agustus 2024, film pendek "Kado (A Gift)" karya Sutradara Aditya Ahmad dari rumah produksi Miles Film tayang di layanan video streaming Bioskop Online.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin, film "Kado" atau "A Gift" berhasil memenangkan kompetisi film pendek Orizzonti di "The 75th Venice International Film Festival" yang digelar pada 29 Agustus - 8 September 2018. Tidak hanya itu, film tersebut juga berhasil mendapatkan penghargaan Film Pendek Terbaik dalam Piala Citra 2018.

Sutradara Aditya pun berbagi pengalamannya saat proses pembuatan film tersebut, "Tahun 2016 saya sempat merasakan jenuh sekali dalam hidup".

Baca juga: "KADO" akan tayang di Sundance International Film Festival 2018

Dia menambahkan, "Mira Lesmana dan Riri Riza lalu mengingatkan, justru masa-masa penuh keresahan seperti inilah waktu terbaik untuk membuat film".

Inspirasi menghampiri Aditya ketika dirinya bertemu seorang teman lamanya, Isfi. Penampilan Isfi yang kini cenderung maskulin dan bagaimana guru di sekolah mempermasalahkannya memancing rasa ingin tahu Aditya.

"Saya membayangkan bagaimana remaja seperti Isfi menjalani fase coming-of-age-nya di negara yang konservatif dan religius ini," kata Aditya.

Baca juga: Di balik "Kado" yang sudah diputar di festival film bergengsi dunia

"Walaupun dalam budaya Bugis kami mengenal adanya lima jenis gender, entah bagaimana saya yakin Isfi akan tetap merasa beda atau dibedakan," sambungnya.

Film berdurasi 15 menit tersebut mengisahkan sosok anak SMA bernama Isfi yang bersemangat dalam menyambut ulang tahun sahabatnya. Untuk dapat menyiapkan kado istimewa di rumah Nita, Isfi rela mengganti setelan celana panjang favoritnya dengan rok panjang dan hijab.

Film "Kado" akan memberikan banyak makna di dalamnya. Mulai dari pencarian jati diri, penerimaan diri hingga ekspresi gender.

Baca juga: Enam film Indonesia ini tayang terbatas di laman Festival Film Locarno

"Saya berharap film 'Kado' bisa memberikan makna yang mendalam bagi penonton Bioskop Online, terutama dalam hal pencarian jati diri," tutup Aditya.

Film "Kado" dapat diakses di Bioskop Online dengan harga Rp20 ribu melalui laman situs resmi Bioskop Online di www.bioskoponline.com atau mengunduh aplikasi Bioskop Online di App Store atau Google Play Store.

Baca juga: Film pendek "Kala Nanti" raih penghargaan festival film di Jepang

Baca juga: Tiga film pendek Indonesia tampil di ajang Europe on Screen 2024

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024