Alhamdulillah dua hari rangkaian acara selesai dilaksanakan. Kami mengapresiasi semua pihak yang terlibat
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Panitia Semarak HUT ke-79 RI Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengaku bangga atas perayaan kemerdekaan di Stadion Pakansari, Cibinong, pada 10-11 Agustus 2024 yang dihadiri puluhan ribu peserta.

Ketua Panitia Semarak HUT RI Kabupaten Bogor Arif Rahman di Cibinong, Senin, mengungkapkan kegiatan tersebut sukses dilaksanakan dengan dukungan para aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Bogor dan masyarakat umum.

"Alhamdulillah dua hari rangkaian acara selesai dilaksanakan. Kami mengapresiasi semua pihak yang terlibat, termasuk masyarakat yang ikut memeriahkan HUT RI di Kabupaten Bogor," ungkap Arif Rahman.

Semarak HUT ke-79 RI di Kabupaten Bogor, diawali dengan kegiatan Fun Bike dan Senam Formasi Kemerdekaan, yang melibatkan seluruh elemen masyarakat dan pemangku kebijakan di Kabupaten Bogor, Sabtu 10 Agustus 2024.

Selain itu, Pemkab Bogor juga menyediakan pameran UMKM dan panggung hiburan. Event dilanjutkan dengan Kirab Bendera Merah Putih dan atraksi terjun payung dengan pengibaran bendera merah putih, pada Minggu 11 Agustus 2024.

Baca juga: Gebyar UMKM Kemerdekaan hadir di Cibinong sambut HUT ke-79 RI

Arif Rahman menjelaskan berbagai doorprize pun telah diberikan kepada peserta yang hadir. Di antaranya 14 paket umrah, hingga satu unit mobil.

Selama dua hari penyelenggaraan HUT RI yang berpusat di Stadion Pakansari, tidak kurang dari 50 ribu orang hadir meramaikan kegiatan yang dimeriahkan Tiga Nama Band dan ditutup oleh penyanyi legendaris Doel Sumbang.

"Pada hari Minggu saja, ada sekitar 50 ribuan orang yang hadir. Antusiasmenya sangat luar biasa. Tentu evaluasi akan kami lakukan supaya tahun depan bisa dilaksanakan lebih meriah," kata Arif Rahman yang merupakan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor.
Para peserta Semarak HUT RI Kabupaten Bogor di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor)

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor telah menyiapkan rangkaian acara menyambut HUT ke-79 RI sejak 1 Agustus 2024.

“Dimulai pada tanggal 1 Agustus, yakni kami menancapkan bendera merah putih di Gunung Salak yang diikuti oleh para penggiat atau pecinta lingkungan, termasuk dari perangkat daerah se-Kabupaten Bogor,” ungkap Asmawa.

Di saat yang bersamaan dilakukan juga secara serentak pembagian bendera merah putih kepada seluruh kecamatan untuk didistribusikan kepada masyarakat.

Kemudian, di tingkat kecamatan, agenda lainnya adalah yang sifatnya sosial kemasyarakatan seperti bazar UMKM, Gerakan Pasar Murah, donor darah, pelayanan kesehatan, kependudukan, perizinan, perpajakan.

“Jadi semarak hari kemerdekaan tingkat Kabupaten Bogor ini sifatnya multi stakeholder, panitianya bukan hanya dari Pemkab Bogor tetapi melibatkan semua stakeholder seperti Kadin, organisasi profesi, BUMD, termasuk Forkopimda Kabupaten Bogor, camat, kepala desa dan lurah se-Kabupaten Bogor,” kata Asmawa.

Baca juga: Pj Bupati Bogor kibarkan bendera merah putih di Gunung Salak
Baca juga: Kirab Merah Putih sepanjang 100 meter sambut HUT ke-78 RI di Bogor

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024