Kami berupaya bersama-sama dengan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) agar usaha kecil menengah ini terhubung dengan usaha besar...,
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM tengah menyiapkan rencana strategis (Renstra) untuk mendorong transformasi UMKM, sejalan dengan visi pemerintahan berikutnya, yaitu membangun dari desa dan dari bawah guna mencapai pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.


Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Yulius di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa Kemenkop UKM dan Bappenas sedang menyusun Renstra untuk mentransformasi UMKM dengan mengubah struktur ekonomi menjadi berbasis industri bernilai tambah tinggi dan penerapan teknologi serta inovasi.

Dorongan akan diberikan agar UMKM meningkatkan teknologi sehingga dapat terkoneksi dengan usaha-usaha besar.

“Ini perlu kita dorong agar terjadi rantai pasok,” katanya.

Ia mengatakan bahwa Kemenkop UKM telah melakukan berbagai pelatihan dan bimbingan agar para pelaku UMKM bisa naik kelas dan menjadi pemasok bagi usaha-usaha besar.

“Kami berupaya bersama-sama dengan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia) agar usaha kecil menengah ini terhubung dengan usaha besar. Karena kalau usaha kecil kita diamkan saja tentu dia akan selalu ketinggalan padahal ini adalah potensi yang harus kita dorong,” tuturnya.

Dia menyampaikan untuk mendukung itu, Kemenkop UKM juga telah memberikan kemudahan pembiayaan UMKM melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang menawarkan suku bunga yang sangat kompetitif, yakni 6 persen. Angka ini jauh di bawah suku bunga komersial yang umumnya mencapai 20 persen.

Namun, ia mendorong agar akses dan inovasi pembiayaan seperti KUR ini diperluas, guna membantu UMKM agar terkoneksi dengan usaha besar dengan memanfaatkan riset, teknologi, perlindungan usaha, serta pengembangan kewirausahaan.

Salah satu visi misi Asta Cita presiden terpilih Prabowo Subianto adalah meningkatkan lapangan kerja berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan infrastruktur untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Yulius mengatakan bahwa cita-cita untuk meningkatkan kewirausahaan menghadapi tantangan berat, mengingat saat ini struktur usaha nasional masih didominasi pelaku usaha mikro yang mencapai 98 persen.

Rasio kewirausahaan nasional pada 2023 baru mencapai 3,4 persen dan ditargetkan naik menjadi 4 persen tahun ini.

Untuk mencapai target tersebut, Kemenkop UKM menginisiasi EntrepreneurHub, yakni sebuah program pembinaan dan pelatihan khususnya bagi anak-anak muda yang melek teknologi agar menjadi wirausaha.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024