Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno berharap Ibu Kota Nusantara (IKN) yang menjadi tempat pelaksanaan Hari Ulang Tahun Ke-79 RI dapat menjadi kota percontohan energi bersih bagi kota-kota lain di Tanah Air.

"Kami mendorong IKN bisa menjadi percontohan kota yang memanfaatkan energi terbarukan dan bisa dipelajari kota-kota lain, baik dari sisi perencanaan maupun implementasi," kata Eddy dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut dia, salah satu upaya mengisi kemerdekaan adalah memberikan ruang hidup yang sehat bagi masyarakat dengan udara dan lingkungan yang bersih.

"Hal ini bisa dilakukan dengan percepatan transisi energi dari energi fosil menuju energi terbarukan," tuturnya.

Dia berharap adanya pesan simbolik tentang IKN sebagai kota ramah lingkungan pada HUT Ke-79 RI dapat memberi contoh bagi kota-kota lainnya di Indonesia sehingga target menuju net zero emissions (NZE) tahun 2060 dapat tercapai.

"Pembangunan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di IKN diikuti dengan teknologi berbasis smart grid harus berdampak bukan hanya di wilayah IKN, tetapi menjadi percontohan penggunaan energi terbarukan bagi daerah-daerah lainnya," katanya.

Baca juga: IKN dibangun sebagai kota ramah lingkungan dan individu

Dia pun mendorong urban planning penggunaan energi terbarukan di IKN menjadi pembelajaran bagi daerah lain dalam memanfaatkan energi terbarukan.

"Semakin banyak kota-kota di Indonesia yang mengikuti pemanfaatan energi terbarukan, maka baurannya juga akan semakin besar," ucapnya.

Eddy berharap peringatan HUT Ke-79 RI di IKN nantinya menjadi momentum yang mampu mempercepat transisi menuju energi bersih di Indonesia.

"Semoga dengan komitmen IKN menjadi carbon neutral city menjadi tren yang baik dan bisa diikuti daerah-daerah lain sehingga skala penggunaan energi terbarukan semakin luas untuk memberikan ruang hidup yang sehat bagi masyarakat," kata dia.

Baca juga: Otorita IKN kembangkan Nusantara jadi kota ramah pejalan kaki

Sebelumnya, Minggu (11/8), Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo Septriana Tangkary menambahkan sebagai smart forest city, IKN akan dibangun menjadi kota cerdas yang ramah lingkungan.

"IKN akan menyediakan berbagai komponen perkotaan yang akan menjamin kualitas hidup yang baik untuk masyarakatnya, seperti air dan udara yang bersih, tata kota yang teratur, aksesibilitas yang baik, serta kondisi perkotaan yang aman dan nyaman," ujar Septriana.

Upacara perayaan HUT RI pada tahun ini menjadi kali pertama yang digelar di IKN. Rencananya, upacara HUT ke-79 RI dilaksanakan di area Istana Negara yang menghadap ke lapangan di kawasan IKN di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo serta tamu-tamu undangan yang terdiri atas tokoh masyarakat, tokoh adat, hingga para duta besar dari negara sahabat dijadwalkan menghadiri upacara pengibaran Bendera Merah Putih untuk memperingati hari kemerdekaan RI di IKN.

Baca juga: OIKN hadirkan kendaraan ramah lingkungan pada perayaan HUT RI di IKN

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024