Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan Jessica Pegula melaju ke final WTA Toronto Masters dengan mengalahkan Diana Shnaider 6-4, 6-3, memberinya kesempatan untuk menjadi pemenang berturut-turut pertama di ajang tersebut sejak 2000.

Pegula yang menduduki peringkat keenam menyingkirkan petenis peringkat 24 asal Rusia itu dalam waktu 83 menit untuk memastikan final melawan Amanda Anisimova, yang menyingkirkan unggulan kedelapan petenis AS Emma Navarro 6-3, 2-6, 6-2.

Pegula, yang mencoba mengulang gelar Toronto untuk pertama kalinya sejak Martina Hingis pada 1999-2000, unggul 2-0 melawan Anisimova, terakhir menang pada April di Charleston.

"Dia mungkin salah satu penyerang terhebat dan terbersih yang pernah saya lawan, jadi ketika dia berada di sana, itu akan menjadi sangat sulit," kata Pegula tentang Anisimova, seperti disiarkan AFP, Senin.

"Besok pasti akan menjadi pertarungan dan saya harus melakukan yang terbaik untuk membuatnya memainkan banyak bola ekstra dan mencoba menjadi agresif ketika saya bisa, karena ketika dia bermain, dia bisa mencetak banyak winner, dan kadang-kadang ambil alih raket dari tanganmu, jadi saya harus pintar besok."

Baca juga: Pegula sabet gelar lapangan rumput pertama di Berlin

Shnaider, petenis kidal berusia 20 tahun, mendapatkan break point pada gim kedelapan namun pukulan forehand-nya mengenai net, dan Pegula menahan untuk memimpin 5-3.

Dia kemudian melakukan break pada reli terpanjang dalam pertandingan tersebut, 21 pukulan, ketika Shnaider melakukan pukulan backhand ke net untuk mengakhiri pertandingan.

Pegula melaju ke final WTA ke-13 dalam kariernya, mengincar gelar keenam dan kedua tahun ini setelah Berlin pada bulan Juni.

Shnaider, yang menyingkirkan unggulan teratas AS dan juara bertahan US Open Coco Gauff, baru saja meraih medali perak di nomor ganda Olimpiade Paris.

Haus kemenangan
Anisimova mencapai final WTA keempat dalam kariernya dengan mengalahkan musuh keempatnya yang masuk dalam 20 besar pekan ini, yang pertama dalam kariernya. Dia juga menyingkirkan peringkat ketiga Aryna Sabalenka di perempat final.

"Ini adalah pencapaian besar bagi saya dan sesuatu yang telah saya kerjakan dengan sangat keras," kata Anisimova.

"Saya sangat senang dengan pekan saya di sini dan saya cukup terkejut dengan seberapa baik yang bisa saya lakukan sejauh ini."

"Saya masih lapar untuk mendapatkan lebih banyak lagi dan saya harap saya dapat melakukannya dengan baik besok," ujar petenis berusia 22 tahun itu.

Di peringkat 132 dunia, Anisimova menjadi finalis dengan peringkat terendah di Toronto dalam 40 tahun, saat ia mengincar gelar WTA ketiga setelah Bogota pada 2019 dan Melbourne pada 2022.

Baca juga: Krejcikova bangkit di Adelaide, Anisimova akhiri paceklik kemenangan

Anisimova mengambil istirahat kesehatan mental selama sembilan bulan dari tenis tahun lalu dan turun ke peringkat 373 dunia pada awal tahun, tetapi memastikan kembali ke peringkat 50 besar dunia pada pekan mendatang.

"Saya tahu bahwa ketika saya menjauh, saya benar-benar ingin kembali dan saya tidak ingin mengakhiri karier saya dengan hal seperti itu," kata Anisimova.

"Masih banyak yang ingin saya capai, dan saya tidak bisa menyelesaikannya di usia muda, karena saya telah berkorban begitu banyak dan memberikan banyak hal untuk olahraga ini."

Navarro mencetak pukulan forehand untuk menyerahkan break dan keunggulan 5-2 pada set terakhir kepada Anisimova, yang menutupnya dengan ace untuk menyingkirkan rekan senegaranya itu dalam waktu satu jam 55 menit.

Baca juga: Pegula mundur dari French Open karena belum pulih dari cedera

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024