Jakarta (ANTARA) - Beberapa berita ekonomi pada Minggu (11/8) masih layak untuk dibaca, mulai dari kesiapan infrastruktur menjelang upacara HUT RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), hingga penertiban BBM bersubsidi menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang dinilai dapat menghemat anggaran negara hingga Rp50 triliun.

Berikut rangkuman berita kemarin yang layak disimak lagi pada Senin pagi ini:

Menteri PUPR cek kesiapan infrastruktur IKN jelang upacara 17 Agustus

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono kembali meninjau pembangunan sejumlah infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Minggu, menjelang penyelenggaraan upacara peringatan detik-detik proklamasi 17 Agustus di Istana Negara IKN.

Tim LKBN ANTARA berkesempatan diajak Menteri Basuki dalam rangkaian kegiatan peninjauan itu. Salah satu infrastruktur yang ditinjau Pak Bas, sapaan akrab Basuki, adalah Embung MBH di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Baca selengkapnya di sini

Menteri PUPR: Presiden Jokowi lakukan empat "groundbreaking" di IKN

Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan empat kegiatan peletakan batu pertama atau groundbreaking infrastruktur dalam sesi groundbreaking ke-7 di Ibu Kota Nusantara di sela kunjungan berkantor di Istana Garuda IKN, Kalimantan Timur, 11–14 Agustus 2024.

"Ada empat ya yang dari Otorita IKN mengusulkan," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono dalam wawancara dengan ANTARA di sela peninjauan sejumlah infrastruktur di IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

Menhub uji coba kereta otonom persiapan sambut HUT Ke-79 RI di IKN

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan uji coba kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) guna memastikan kesiapan transportasi tersebut menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menhub seusai melakukan uji coba kereta otonom tersebut di Penajam Paser Utara, Minggu, mengatakan bahwa uji coba dilakukan untuk mempersiapkan pengoperasian trem otonom pada Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, yang akan berlangsung pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Baca selengkapnya di sini

Pemerintah nilai pertumbuhan konsumsi masyarakat masih sesuai sasaran

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Ferry Irawan menilai, pertumbuhan Konsumsi Rumah Tangga (PK-RT) di kuartal II 2024 yang tercatat sebesar 4,93 persen secara tahunan (yoy) masih sesuai sasaran.

Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, yakni 2023 dan 2022 yang masing-masing sebesar 5,22 persen (yoy) dan 5,52 persen (yoy).

Baca selengkapnya di sini

Menko Luhut: Penertiban BBM subsidi pakai AI hemat APBN Rp50 triliun

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan penertiban bahan bakar minyak (BBM) subsidi menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dapat menghemat anggaran negara hingga Rp50 triliun.

“Kita bisa menghemat Rp40 triliun, bahkan mungkin sampai Rp50 triliun setahun. Itu kan bisa kita gunakan yang lain,” ujar Luhut ketika ditemui setelah meninjau Gedung Kementerian Koordinator 1 di Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024