Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum kemarin (11/8) menjadi sorotan, mulai dari petugas gabungan mengevakuasi 52 kru KM Kirana yang terbakar hingga Polda Sumut menegaskan tidak mengeluarkan surat keterangan catatan kepolisian  (SKCK) kepada anggota geng motor.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita hukum kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

1. Petugas gabungan evakuasi 52 kru KM Kirana yang terbakar

Petugas gabungan mengevakuasi 52 awak kapal KM Kirana I milik PT Dharma Lautan Utama (DLU) yang terbakar di perairan Semarang, Jawa Tengah, Minggu.

Direktur Polairud Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Hariadi mengatakan bahwa sejumlah kru kapal sempat menceburkan diri ke laut saat kapal penumpang itu terbakar

"Seluruh kru dievakuasi, termasuk yang menceburkan diri ke laut," katanya.

Baca selengkapnya di sini



2. Bakamla RI serahkan delapan nelayan ke Pemkab Natuna

Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menyerahkan delapan orang nelayan yang sebelumnya sempat ditahan otoritas keamanan Malaysia ke Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Serah terima dilakukan di atas kapal patroli Bakamla KN Tanjung Datu 301 yang bersandar di Pelabuhan TNI AL Selat Lampa pada Minggu pagi.

Komandan KN Tanjung Datuk Kolonel Bakamla Rudi Endratmoko di Natuna, Minggu, mengatakan delapan orang nelayan itu merupakan warga Kecamatan Subi dan Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna.

Baca selengkapnya di sini




3. Polres Serang gerebek toko kosmetik jual ribuan pil koplo

Polres Serang menggerebek toko kosmetik yang menjual ribuan pil koplo yang berlokasi di daerah Muara Angke, Jakarta Utara (Jakut) karena kedapatan memasok obat terlarang ke wilayah Kabupaten Serang.

Kapolres Serang AKBP Condro Sasongko, di Serang, Minggu, mengatakan dalam penggerebekan tersebut petugas mengamankan MZ (28) warga Lhok Krek, Kecamatan Sawang, Aceh Utara berserta barang bukti ribuan pil koplo berbagai jenis.

Terbongkarnya jaringan peredaran obat-obatan keras tersebut bermula dari penangkapan tersangka IA di Pos Kamling, Kampung Bale Endah, Desa Kragilan, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang.

Baca selengkapnya di sini




4. Petani Mukomuko keluhkan maraknya aksi pencurian buah sawit

Sejumlah petani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengeluhkan maraknya pencurian tandan buah segar kelapa sawit yang baru dan selesai dipanen dari pohonnya di wilayah itu.

"Kami baru mau memanen buah sawit, tetapi buah itu sudah dicuri, dan kejadian ini tidak hanya sekali saja, tetapi sering dan kejadian ini menimpa sejumlah petani," kata salah seorang petani, Endang Supandi, asal Kelurahan Pasar Mukomuko, Kecamatan Kota Mukomuko saat dihubungi dari Mukomuko, Minggu.

Endang Supandi yang merupakan mantan karyawan PLN itu berkebun kelapa sawit di Desa Tanjung Mulya, Kecamatan XIV Koto, Kabupaten Mukomuko.

Baca selengkapnya di sini



5. Polda Sumut tegaskan tidak keluarkan SKCK kepada geng motor

Kepolisian Daerah Sumatera Utara menegaskan pihaknya tidak akan mengeluarkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) kepada anggota geng motor yang terbukti melakukan tindakan pidana dan meresahkan masyarakat.

"Tidak mengeluarkan SKCK tersebut sebagai langkah tegas polisi untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Minggu.

Oleh karena itu, pihaknya tidak akan mentoleransi aksi geng motor yang meresahkan masyarakat di wilayah hukumnya.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024