Jakarta (ANTARA) - Untuk dua edisi berturut-turut China menduduki urutan kedua dalam daftar perolehan medali Olimpiade. Pada Olimpiade Paris 2024 mereka finis dengan 40 medali emas, 27 medali perak, dan 24 medali perunggu.

Amerika Serikat yang mendapatkan medali emas terakhir dari bola basket putri, juga mengumpulkan 40 medali emas, tapi mengoleksi perak dan perunggu lebih banyak, masing-masing 44 dan 42 keping, sehingga menjadi juara umum Olimpiade 2024.

AS memang menakjubkan, tapi China juga menakjubkan, bahkan lebih menarik untuk dicermati.

Terakhir kali China melampaui AS dalam daftar perolehan medali Olimpiade terjadi ketika Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade 2008.

Saat itu China mengumpulkan 100 medali yang walau kurang 12 medali dari total medali yang dikumpulkan Amerika Serikat, mereka memuncaki klasemen medali dengan 48 medali emas, dua emas lebih banyak dari yang diperoleh AS.

Itulah kali pertama negara non Eropa menjadi juara umum Olimpiade.

Saat itu China dituding curang. Tapi negara ini jalan terus. Mereka konsisten menyaingi AS, yang sejak Uni Soviet runtuh selalu menjadi pengumpul medali Olimpiade terbanyak.

Bahkan dalam Olimpiade Tokyo 2020 yang diadakan setahun lebih lambat karena pandemi Covid-19, China hanya kalah satu medali emas dari AS.

China mulai mengikuti Olimpiade pada 1952 di Helsinki, tapi empat tahun kemudian absen karena memprotes kebijakan "dua China" yang dirangkul Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Protes itu berlangsung selama 20 tahun, dari Olimpiade Melbourne 1956 sampai Olimpiade Montreal 1976.

Pada 1978, dua tahun setelah pemimpin China, Mao Zedong, meninggal dunia pada 1976, China meninggalkan kebijakan isolasionis dengan membuka diri kepada dunia luar.

Setahun setelah itu, China masuk kembali menjadi anggota IOC, walau bukan berarti setuju dengan pemisahan Taiwan dari China daratan yang menjadi pangkal keluarnya mereka dari IOC.

China pun mengirimkan delegasi pemantau dalam Olimpiade Musim Dingin 1980 di Lake Placid, Amerika Serikat. Tetapi, mereka turut memboikot Olimpiade (Musim Panas) Moskow 1980 sebagai protes atas invasi Uni Soviet di Afghanistan pada 1979.

Baca juga: Persembahkan emas kelima, Li Wenwen dekatkan China ke juara umum
Baca juga: Klasemen medali: China geser AS di puncak, Indonesia posisi 37


Halaman berikut: Tiga fondasi prestasi olahraga China

Copyright © ANTARA 2024