Jakarta (ANTARA) -
Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi), Nirmala Dewi, mengatakan timnas bola basket putra U-18 Indonesia sedang menjalani training camp (TC) di Tangerang, guna persiapan FIBA Asia Cup U-18 2024 di Yordania.

Ia membeberkan, kondisi skuad muda itu sangat baik dan antusias mengikuti pemusatan latihan.

"Sekarang sedang TC di Tangerang, Banten dan mereka sangat antusias serta semangat sekali menjalani latihan," kata Nirmala di Jakarta, Minggu.

Lebih lanjut dia membeberkan, tidak ada halangan berarti terkait persiapan tersebut, sehingga para anak muda itu bisa fokus menjalani latihan sebelum waktu keberangkatan ke Amman, Yordania pada akhir Agustus nanti.

"Memang untuk fasilitas latihan bertabrakan dengan keperluan bagi kontingen provinsi untuk persiapan PON, cuma kami sudah ketemu solusinya, sehingga anak-anak tetap bisa fokus untuk FIBA Asia nanti," ujar Nirmala.

Nirmala optimistis, skuad asuhan Andrie Ekayana akan mampu membawa pulang medali dan membanggakan Indonesia di kancah internasional tersebut.

Cliffton Wijaya dan kawan-kawan berhasil merebut satu tiket berlaga di FIBA Asia Cup U-18 2024 di Yordania, pada 2-9 September.

Indonesia mendapat satu tiket, setelah menjadi runner up dalam FIBA U-18 Asia Cup SEABA Qualifiers, yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, 19-21 Juli 2024.

Pada kualifikasi itu, Indonesia meraih dua kemenangan dan sekali kalah. Indonesia lolos setelah menang atas Thailand 70-56 dan taklukkan tuan rumah Malaysia dengan 77-64.

Di laga terakhir, Indonesia kalah atas Filipina. Namun, kekalahan 64-87 atas lawannya itu di MABA Stadium, Minggu (21/7), tidak mempengaruhi kelolosan Indonesia ke FIBA U-18 Asia Cup 2024 Yordania.

Indonesia menemani Filipina yang berstatus status juara kualifikasi untuk berangkat ke Yordania.

Mereka akan bertarung dengan negara-negara seperti China, Iran, Kazakhstan, Mongolia, Jepang, dan Korea Selatan.

Baca juga: Rencana Munas PP Perbasi, Danny Kosasih: Bisa naik, harus bisa turun

Baca juga: Mars Bola Basket Indonesia jadi lagu resmi PP Perbasi

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024