Ankara (ANTARA) - Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa (EU), Josep Borrell, pada Sabtu (10/8) menyampaikan kecaman keras menyusul laporan serangan Israel ke sebuah sekolah yang menampung para warga Palestina yang mengungsi di Jalur Gaza tengah.

"Mengerikan melihat gambar-gambar dari sekolah penampungan di Gaza yang terkena serangan Israel, yang kabarnya menelan puluhan korban di kalangan warga Palestina," tulis Borrel di X.

Sedikitnya 100 orang tewas dan sejumlah lainnya luka-luka saat pesawat Israel menyerang para warga Palestina yang sedang menjalankan shalat Subuh di Sekolah Al-Taba'een di daerah Al-Daraj.

Borrell menekankan tidak ada pembenaran atas aksi pembantaian semacam itu, khususnya yang menargetkan lembaga pendidikan yang difungsikan sebagai tempat perlindungan bagi warga sipil.

Dia menyoroti jumlah korban yang mengkhawatirkan sejak konflik mulai muncul pada awal Oktober 2024. Menurut sejumlah laporan, ada  lebih dari 40 ribu warga Palestina yang tewas.

"Kami menyesalkan dan mengutuk penolakan Menteri (Bezalel) Smotrich -- yang bertentangan dengan kepentingan rakyat Palestina -- untuk mencapai sebuah kesepakatan," katanya.

Smotrich, yang memimpin partai Zionisme Religius sayap kanan di Israel, pekan lalu mengecam usulan gencatan senjata di Gaza dengan menyebutnya sebagai "perangkap berbahaya". 

Borrell menegaskan kembali bahwa gencatan senjata masih merupakan "satu-satunya cara untuk menghentikan pembunuhan warga sipil dan mengamankan pembebasan sandera."

Kecaman juga datang dari Belgia.

"Perang ini harus dihentikan segera. Menargetkan infrastruktur sipil melanggar hukum internasional dan tidak dapat diterima," tulis Menteri Luar Negeri  Belgia Hadja Lahbib di X.

Gelombang serangan Israel di Jalur Gaza telah menewaskan hampir 39.800 korban sejak Oktober 2023, menyusul serangan lintas batas yang dilakukan kelompok pejuang Palestina, Hamas.

Israel di Mahkamah Internasional (ICJ) dituding melakukan genosida.

ICJ telah memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasi militer di Rafah. Di kota bagian selatan itu, lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum mereka diserang Israel pada 6 Mei.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Aljazair minta PBB bersidang soal serangan Israel ke sekolah di Gaza

Baca juga: RI kutuk keras pembantaian warga Palestina oleh Israel di sekolah Gaza

 

Israel serang sekolah di Gaza, 100 warga Palestina tewas


 

Penerjemah: Katriana
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024