Alhamdulillah, kebakaran lahan kering dengan luas kurang lebih satu hektare berhasil dipadamkan oleh tim
Tanjungpandan (ANTARA) - Tim pemadam kebakaran (Damkar) BPBD Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berhasil memadamkan kebakaran lahan kering seluas satu hektare di jalan Pondok Pesantren At-Taqwa, Desa Air Ketekok, Tanjung Pandan, Minggu.

"Alhamdulillah, kebakaran lahan kering dengan luas kurang lebih satu hektare berhasil dipadamkan oleh tim," kata Komandan Regu II Piket Damkar BPBD Belitung Riko Pribadi di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, peristiwa kebakaran lahan kering tersebut dilaporkan oleh salah seorang warga kepada Pos Damkar BPBD Belitung melalui saluran telepon.

"Kami menerima laporan dari salah satu warga ke Pos Damkar BPBD Belitung dan menyebutkan bahwa telah terjadi peristiwa kebakaran lahan kering di lokasi tersebut," ujarnya.

Setelah mendapat laporan tersebut, lanjut Riko, petugas piket unit Damkar BPBD Belitung langsung menuju lokasi dan melakukan penyemprotan atau pemadaman.

"Waktu yang dihabiskan untuk memadamkan api tersebut kurang lebih 20 menit," katanya.

Ia menjelaskan enyebab kebakaran belum bisa diketahui secara pasti, kuat dugaan karena adanya puntung rokok yang dibuang ke lahan kering tersebut sehingga cuaca panas dan berangin saat ini api menyebar cepat.

Dirinya mengimbau masyarakat agar dapat bersama-sama menjaga lingkungannya dari ancaman kebakaran lahan di tengah kondisi cuaca kemarau sekarang ini.

"Kami imbau masyarakat jangan membakar sampah sembarang tanpa adanya pengawasan termasuk membuang puntung rokok dengan sembarangan, karena bahaya bisa menimbulkan kebakaran," katanya.

Baca juga: KLHK segel 15 hektare lahan HPK Desa Karya Indah Riau yang terbakar
Baca juga: BMKG ingatkan potensi kebakaran hutan dan lahan di Pulau Timor
Baca juga: Walhi sebut gambut dua daerah di Aceh rentan terbakar

Pewarta: Kasmono/Apriliansyah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024