Medan (ANTARA) - Sekretaris Umum Panitia Besar Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (PB PON Sumut) Armand Effendy Pohan menyebut jumlah volunteer atau relawan yang akan bertugas pada PON 2024 di wilayah ini melebih target yang ditetapkan.

"Tembus dan melebihi target volunteer sebanyak 81.200 orang di seluruh daerah Sumatera Utara," ujar Effendy Pohan pada Sosialisasi volunteer Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, di Kabupaten Langkat, Minggu.

Sebelumnya, PB PON Wilayah Sumatera Utara pada pelaksanaan ajang olahraga nasional tersebut menargetkan 70.000 volunteer atau relawan yang akan bertugas pada 10 kabupaten/kota se-Sumut.

Atas capaian tersebut, Effendy Pohan mengapresiasi partisipasi masyarakat yang telah mendaftar di website resmi www.pon2024.id untuk menjadi volunteer pada pelaksanaan PON 2024.

Dia menjelaskan bahwa PB PON Sumut membutuhkan tiga klasifikasi volunteer yang terdiri dari Green Volunteer, Blue Volunteer dan Yellow Volunteer.

Baca juga: Sudah 14.000 orang mendaftar jadi relawan PON 2024

Green Volunteer, kata dia, akan tergabung dalam struktur panitia pelaksana baik sebagai event staff maupun general support atau bertugas secara langsung pada pelaksanaan ajang tersebut.

Nantinya, lanjut dia, Green Volunteer akan terlebih dahulu mendapatkan pembekalan melalui pelatihan yang telah disiapkan khusus untuk mendukung tugas mereka.

"Blue Volunteer adalah mereka yang tetap bekerja, beraktivitas sebagaimana keseharian. Mereka akan disematkan atribut Duta Sumatera Utara yang akan bekerja dalam keramahan budaya Sumut, menyapa dan melayani seluruh tamu yang hadir dalam rangka PON," jelas dia.

Sedangkan Yellow Volunteer akan terlibat untuk mendapatkan pengalaman pada ajang olahraga empat tahunan tersebut. Yellow Volunteer akan bergabung dalam gugus-gugus yang datang dari institusi, pendidikan.

"Kami juga mengajak kepada semua lapisan masyarakat di kabupaten langkat untuk dapat mendukung dan menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang merupakan kegiatan besar yang bersejarah," ujar dia.

Baca juga: PB PON Sumut catat 6.000 orang telah daftar jadi volunteer PON 2024

Penjabat Bupati Langkat Faisal Hasrimy mengatakan bahwa pihaknya merasa bangga atas ditunjuk-nya Kabupaten Langkat sebagai salah satu tempat penyelenggara PON 2024.

Menurutnya, ditunjuknya Kabupaten Langkat sebagai tuan rumah merupakan momentum untuk meningkatkan perekonomian masyarakat karena akan dikunjungi masyaarakat dari seluruh Indonesia

"Kegiatan nasional ini adalah acara akbar yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Langkat dan sekitarnya. Kami berharap momen ini harus benar-benar dimanfaatkan oleh segenap lapisan masyarakat. Karena akan berdampak pada perekonomian sektor UMKM, sektor bidang olahraga dan sektor lainnya," ujar Faisal

Untuk itu, dia mengimbau seluruh masyarakat Langkat untuk berperan serta dalam pelaksanaan PON 2024, agar dapat menjadi bagian dari sejarah besar yang kelak akan dikenang oleh generasi mendatang.

"Kami telah melaksanakan sosialisasi volunteer kepada seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat, dan telah mengumpulkan kepala desa di kabupaten langkat untuk turut serta berperan dalam mensosialisasikan volunteer PON 2024. Saya siap menjadi volunteer PON 2024," kata dia.

Baca juga: PB PON Sumut galakkan sosialisasi untuk cari volunter
Baca juga: Atlet mulai berdatangan di Aceh untuk persiapan PON 2024

Baca juga: PB PON Sumut siapkan 17.303 kartu tanda pengenal untuk PON 2024
 

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024