Jakarta (ANTARA) - DuckDuckGo merupakan aplikasi mesin pencarian layaknya Google yang telah dikembangkan sejak 2008 oleh Gabriel Weinberg beserta tim DuckduckGo Inc. Mesin pencarian ini juga dikenal sangat menjaga privasi dan keamanan penggunanya.

DuckDuckGo memiliki pertumbuhan baik sejak awal peluncurannya. Mulai dari 79.000 pencarian harian di tahun 2010 hingga menjadi 31 juta pencarian harian pada Juni 2019, dan terus meningkat hingga 98,79 juta pencarian harian per 2023.

Sebagian pertumbuhan ini berkat adanya kolaborasi dengan browser yang banyak pakai pengguna, seperti Firefox dan Safari. DDG juga melakukan kerja sama dengan Linux dan tersedia di Android serta iOs.

Berbeda dengan kebanyakan mesin pencari lainnya, DuckDuckGo tidak menerapkan filter bubble, sehingga hasil pencarian yang diperoleh pengguna akan sama dengan pengguna lainnya, tanpa penyesuaian berdasarkan riwayat pencarian atau preferensi pribadi.

DuckDuckGo hadir dengan komitmen untuk melindungi privasi pengguna di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang privasi online. Misi mereka adalah menetapkan standar baru dalam hal kepercayaan online, seperti yang tercantum di situs resminya.

Mesin pencari ini tidak menggunakan cookie, tidak mengumpulkan alamat IP, dan tidak memerlukan pembuatan profil pribadi bagi para penggunanya.

Baca juga: Cara download DuckDuckGo dengan mudah

Lantas, bagaimana cara mengatur DuckDuckGo untuk menjadi setelan awal pada browser Anda? Berikut ini langkah-langkahnya, mengutip laman resmi DuckDuckGo:

1. Google Chrome
  • Buka Chrome, lalu klik ikon menu "tiga titik" di sudut kanan atas jendela dan klik "Setelan."
  • Pilih "Mesin pencari" pada daftar di sebelah kiri layar. Klik kotak drop-down di samping "Mesin pencari yang digunakan pada kolom alamat" lalu pilih DuckDuckGo.
​​​​​​​
2. Mozilla Firefox
  • Buka Firefox, klik ikon menu "tiga garis" di sudut kanan atas jendela, lalu klik "Preferences."
  • Kemudian klik "Search" di menu di sebelah kiri layar, lalu di bawah "Default Search Engine," klik kotak drop-down dan pilih DuckDuckGo.

3. Microsoft Edge
  • Buka Edge dan klik tombol menu "tiga titik" di sudut kanan atas jendela, lalu pilih "Pengaturan."
  • Klik "Privasi, Pencarian, dan Layanan" di menu yang muncul di sebelah kiri, lalu gulir ke bawah ke menu "Layanan" dan pilih "Kolom alamat dan pencarian."
  • Kemudian, klik menu tarik-turun di samping "Mesin pencari yang digunakan di kolom alamat" dan pilih DuckDuckGo.

4. Apple Safari
  • Pada perangkat iOs seperti iPhone, iPad, Macbook, dan iMac klik "Safari" di bagian menu di atas layar, lalu klik "Preferences."
  • Anda juga dapat menggunakan pintasan Command+ untuk membuka Preferences Safari dengan cepat. Klik tab Search, lalu pilih DuckDuckGo di bawah kotak drop-down "Search engine".
  • Pada Safari untuk iPhone dan iPad, luncurkan aplikasi Pengaturan dan ketuk "Safari." Pilih "Mesin Pencari", lalu pilih DuckDuckGo dari daftar.
Demikian cara bagaimana mengatur mesin pencarian DuckDuckGo sebagai setelan awal browser Anda.

Baca juga: Apa itu DuckDuckGo dan mengapa diblokir di Indonesia?

Baca juga: Google tawarkan empat mesin pencari untuk Eropa setelah didenda

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024