Jakarta (ANTARA) - Indonesia Financial Group (IFG) Labuan Bajo Marathon 2024 menargetkan tembus 2000 peserta.

Acara yang diprakarsai oleh Indonesia Financial Group tersebut tahun ini mengusung tema The Most Beautiful Marathon in Indonesia yang akan berlangsung di Waterfront City Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 9 November mendatang.

"Kalau target peserta kan tahun lalu kami memang (diikuti) 1500. Tahun ini target peserta kami adalah 2000, dengan harapan mungkin peserta baik dari nasional maupun internasional lebih banyak karena tahun lalu sudah menyentuh sekitar 50 untuk peserta dari negara asingnya dan kami juga ada kategori terbuka dan tertutup, jadi ada yang top nasional dan internasional," kata Ketua Pelaksana IFG LBM 2024 Oktarina Dwidya Sistha dalam konferensi pers, Minggu.

Sistha, sapaan akrabnya, yang juga merupakan sekretaris perusahaan IFG tersebut mengatakan bahwa tema tahun ini merepresentasikan perpaduan antara lomba maraton dan topografi Labuan Bajo yang menantang.

“Tema ini merepresentasikan perpaduan antara maraton dengan topografi yang menantang, sekaligus menyajikan keelokan alam Labuan Bajo, kami ingin para peserta mendapatkan pengalaman lari yang tak terlupakan dan bisa mempromosikan keindahan alam Labuan Bajo ke kancah internasional,” kata Sistha.

Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko mengatakan, IFG terus berkomitmen untuk mengajak masyarakat menjalankan gaya hidup sehat dan aktif, serta memperkuat literasi pentingnya asuransi sebagai instrumen proteksi masa depan melalui kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon.

“IFG LBM 2024 merupakan event tahunan IFG yang diselenggarakan dengan semangat kolaborasi antara IFG dan anggota holding sebagai bagian dari ekosistem BUMN bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat,” ujar Hexana.

IFG LBM 2024 menyediakan empat kategori lomba, yaitu Marathon (42km), Half Marathon (21km), 10K, 5K, dan juga Kids Sprint. Seluruh peserta akan dimanjakan dengan rute yang menyajikan keindahan alam Labuan Bajo, mulai dari pesisir pantai yang eksotis hingga perbukitan. Selain akan disajikan dengan rute alam Labuan Bajo, para peserta nantinya juga akan bersaing untuk memperebutkan total hadiah sebesar 500 juta Rupiah.

“Setiap penyelenggaraan IFG LBM, kami turut melibatkan partisipasi masyarakat untuk menyukseskan acaranya. Hal ini diyakini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat,” kata Race Director IFG LBM 2024, Satrio Guardian.

”Kenyamanan dan keamanan peserta menjadi prioritas utama. IFG telah menyiapkan berbagai langkah untuk memastikan keselamatan para pelari, termasuk dukungan medis yang memadai dan perlindungan asuransi,” tambah Satrio.

Baca juga: Menparekraf berharap Bandung Maraton masuk "World Major Marathon"
Baca juga: Jakarta International Marathon, MRT Jakarta tambah jam operasional

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024