Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua Tengah menjalin kerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk meningkatkan kompetensi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan setempat.

Penjabat Sekda Provinsi Papua Tengah Anwar Harun Damanik dalam siaran pers di Jayapura, Minggu, mengatakan sebanyak 40 ASN terpilih dari Provinsi Papua Tengah untuk menjadi peserta magang.

Baca juga: Pj Gubernur Papua Tengah minta pilot rute pedalaman dilindungi

"Kerja sama dengan LAN itu merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatkan kompetensi para ASN dimana pemilihannya sendiri melalui seleksi ketat," katanya.

Menurut Anwar program magang ini merupakan kebijakan dari penjabat gubernur yang bekerja sama dengan LAN RI sebagai penyelenggara pelaksanaan magang.

“Magang ini berlangsung kurang lebih 45 hari kerja dengan lokasi pertama di Kampus ASN Corporate University Lan Jakarta,  dilanjutkan dengan magang di instansi pusat, yaitu Kementerian PPN/Bappenas, Kemendagri, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) serta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPPKP),” ujarnya.

Selanjutnya magang di instansi daerah, yaitu Provinsi Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kota Tangerang, Kota Surabaya, dan Kabupaten Banyuwangi, untuk itu diharapkan agar ada keseriusan dari para peserta magang.

"Kami berharap agar ASN yang ikut dapat menjadi pegawai yang berkompeten dalam melaksanakan tugas di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Tengah," katanya lagi.

Dia menambahkan sebagai wakil dari ASN Provinsi Papua Tengah pihaknya mengharapkan juga agar pegawai yang magang dapat kesehatan, serta sikap dan tingkah laku untuk menjaga nama baik daerah.

Baca juga: BNPB pastikan personel TNI jaga ketat gudang makanan di Papua

Baca juga: Satgas Damai Cartenz dan TNI berkomitmen jaga keamanan masyarakat


"Bagi para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang stafnya mengikuti kegiatan magang ini agar dapat memberikan dukungan yang maksimal,” ujarnya.

Sebelumnya Penjabat Sekda Provinsi Papua Tengah Anwar Harun Damanik telah dilakukan pelepasan kepada 40 ASN untuk magang di LAN yang bertempat aula Kantor Gubernur Papua Tengah, Jumat (9/8).

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024