Jakarta (ANTARA/JACX) – Beredar potongan video di media sosial yang menarasikan Presiden Israel Isaac Herzog mengucapkan terima kasih atas kunjungan lima anggota ormas Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyin beberapa waktu lalu. 

Sebelumnya, kunjungan lima Nahdliyin diantara Zainul Maarif, Munawir Aziz, Sukron Makmun, Nurul Bahrul Ulum, dan Izza Annafisah Dania ke Israel tersebut dikecam oleh warganet seiring dengan perang antara Israel dan Palestina yang belum juga berhenti.

Berikut narasi terjemahan dalam video tersebut:

“saya ucapkan banyak terima kasih atas kedatangan nya di negri kami saudaraku anda tlah konsisten dgn tugas yg kami berikan unt. menjadi buzzer 2 / agen 2 kamis di negri anda”

Sementara takarir atau caption video tersebut yakni :

“Wooiiii...mereka tidak mewakili rakyat Indonesia. Mewakili NU pun tidak semua setuju.

PRESIDEN ISRAEL ISAAC HERZO BERTERIMA KASIH DGN KEDATANGAN 5 ORANG TAMUNYA DARI INDONESIA. Bagaimana tanggapan anda?”

Namun, benarkah video presiden Israel ucapkan terima kasih atas kunjungan lima Nahdliyin dari Indonesia?

 

Unggahan video presiden Israel ucapkan terima kasih atas kunjungan 5 Nahdliyin dari Indonesia. Faktanya, video tersebut merupakan Presiden Herzog mengirim pesan kepada komunitas Yahudi pada Hari Kemerdekaan Israel yang ke-76. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran ANTARA, video tersebut serupa dengan unggahan video di Fox News yang berjudul “Pesan hari kemerdekaan Presiden Israel Isaac Herzog kepada Yahudi dunia” pada 13 Mei 2024. Presiden Herzog mengirim pesan kepada komunitas Yahudi pada Hari Kemerdekaan Israel yang ke-76.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf menegaskan pertemuan lima anggota NU dengan Presiden Israel Isaac Herzog tidak mewakili PBNU sebagai organisasi.

Dilansir dari ANTARA, pengurus PBNU menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Indonesia atas pertemuan lima kadernya dengan Presiden Israel Isaac Herzog tersebut. Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf menyatakan keberangkatan lima kader muda NU itu ke Israel karena diundang oleh sebuah LSM yang terafiliasi dengan Israel untuk bertemu Isaac Herzog.

Dengan demikian, terjemahan video dalam unggahan tersebut merupakan suntingan atau tidak sesuai dengan aslinya.

Klaim: Video presiden Israel ucapkan terima kasih atas kunjungan 5 Nahdliyin dari Indonesia

Rating: Hoaks

Cek fakta: Cek fakta, Perdana Menteri Israel sebut Indonesia negara miskin dan gila agama

Cek fakta: Palestina resmi menjadi anggota PBB pada bulan Mei, benarkah?

Baca juga: MUI sebut lima kriteria produk terafiliasi Israel

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024