Jakarta (ANTARA) - Setelah memberikan drama, emas, dan inspirasi dari penampilan legendaris mereka di Olimpiade, lima bintang olahraga ini diperkirakan akan meninggalkan panggung Olimpiade untuk selamanya.

Para bintang ini merupakan yang terbaik di cabang olahraganya masing-masing, mulai dari atletik, senam, tenis, renang, hingga bola basket.

Beberapa atlet ini mungkin patut dicantumkan julukan GOAT, Greatest of All Time, atau yang terbaik sepanjang masa. Jika pun tidak, mereka adalah olahragawan kelas atas yang mampu menjaga performa secara konsisten di level tertinggi dalam beberapa masa.

Berikut lima bintang olahraga yang berencana pensiun dari Olimpiade:

1. Andy Murray

Legenda tenis Inggris, Andy Murray, menolak memutuskan untuk pensiun dengan cara yang nyaman di Olimpiade Paris. Biasanya, para bintang olahragawan mengumumkan pensiun ketika dia memenangi gelar juara atua mencapai pencapaian besar.

Namun di usianya yang ke-37 tahun dan dihantui cedera, Murray mengumumkan bahwa Olimpiade ini akan menjadi penampilan terakhirnya di lapangan, di tengah-tengah sengitnya kompetisi.
Petenis Inggris Andy Murray bereaksi dalam pertandingan Mubadala Citi DC Open melawan petenis AS Brandon Nakashima di Washington D.C., AS, Rabu (2/8/2023). (ANTARA/REUTERS/USA Today Sports/Geoff Burke)
Akan tetapi dia menunjukkan semangat pantang menyerah dalam pertandingan ganda putra melawan Jepang, menyelamatkan lima match point dan akhirnya memenangkan tie-break yang menegangkan. Meski akhirnya tersingkir di babak kedua oleh tim Amerika Serikat, Murray puas dengan penampilannya.

"Saya benar-benar bahagia saat ini. Saya senang dengan bagaimana semuanya berakhir," ujar Murray, yang terkenal dengan kemenangannya di Wimbledon dan dua medali emas Olimpiade, seperti dikutip dari AFP.

Dengan gaya khasnya, Murray menulis di X beberapa jam setelah pertandingan: "Tidak pernah suka tenis, kok."

Baca juga: Murray pensiun dari dunia tenis usai kekalahan di Olimpiade Paris

Selanjutnya: Shelly-Ann Fraser-Pryce

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024