“Acara ini bukan sekadar kumpul-kumpul, tetapi juga momentum yang baik untuk menambah dan mempererat ikatan silaturahmi di antara kita semua, dan tentunya meningkatkan solidaritas di antara kita yang hadir di sini dan tentunya komunitas scooter di In
Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) TNI Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi melepas perjalanan Yohanes Mustamu yang akan mengendarai scooter listrik dari Indonesia menuju Italia pada akhir Agustus 2024.

Kegiatan itu berlangsung dalam acara “Air Force Scooter Gathering” yang merupakan rangkaian perayaan HUT Ke-72 Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, yang diperingati pada 17 Agustus 2024.

Di apron selatan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu, Marsdya Tedi memberikan cinderamata berupa jaket kepada Yohanes, kemudian melepas keberangkatan dia secara simbolik dengan mengayunkan bendera bertuliskan “start”.

Kemudian, Tedi bersama pejabat utama TNI AU, termasuk Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AU (Dankodiklatau) Marsekal Madya TNI Arief Mustofa, Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) I Marsekal Muda TNI Mohammad Nurdin, dan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI Destianto Nugroho Utomo lanjut berkendara dengan Yohanes dan sekitar 500 lebih anggota komunitas pengendara scooter mengelilingi kompleks Lanud Halim Perdanakusuma.
 
Pejabat utama TNI di antaranya Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) TNI Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi, Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AU (Dankodiklatau) Marsekal Madya TNI Arief Mustofa, Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) I Marsekal Muda TNI Mohammad Nurdin, dan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI Destianto Nugroho Utomo, berfoto bersama komunitas scooter saat acara Air Force Scooter Gathering di Apron Selatan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (11/8/2024). Kegiatan itu merupakan rangkaian dari perayaan HUT Ke-72 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma yang diperingati pada 17 Agustus.


Usai berkendara, Pangkoopsudnas lanjut membubuhkan tanda tangan di atas boks scooter milik Yohanes. Dia mengucapkan selamat jalan dan mendoakan ekspedisi Yohanes sukses sampai titik akhir di Italia.

“TNI akan memperingati HUT 5 Oktober, di mana pun kamu sampai nanti, saya pesan kamu mengirimkan ucapan selamat untuk TNI,” kata Marsdya Tedi ke Yohanes.

Di lokasi acara yang sama, Komandan Lanud Halim Perdanakusuma menjelaskan kegiatan Minggu pagi ini merupakan bagian dari silaturahmi dan ajang mendekatkan TNI AU dengan berbagai kelompok masyarakat, termasuk komunitas pengendara scooter.

“Acara ini bukan sekadar kumpul-kumpul, tetapi juga momentum yang baik untuk menambah dan mempererat ikatan silaturahmi di antara kita semua, dan tentunya meningkatkan solidaritas di antara kita yang hadir di sini dan tentunya komunitas scooter di Indonesia,” kata Danlanud Halim Perdanakusuma saat memberikan sambutan.

Dia melanjutkan ekspedisi Yohanes ke Italia dengan mengendarai scooter listrik merupakan sebuah inspirasi, karena menunjukkan kegigihan dan persiapan yang matang.

“Bukan hanya perjalanan fisik, tetapi juga simbol dari generasi muda Indonesia yang memiliki keberanian, inovasi, dan semangat menjaga lingkungan dan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan,” kata Danlanud Halim.

Dia menyatakan ekspedisi itu juga menjadi kontribusi Indonesia dalam kampanye pelestarian lingkungan hidup dengan menggunakan kendaraan tanpa emisi.
 
Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) TNI Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi (kiri) berbincang dengan Yohanes Mustamu (dua kiri) yang bakal menempuh perjalanan darat ke Italia mengendarai scooter listrik pada sela-sela acara Air Force Scooter Gathering di Kompleks Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (11/8/2024). Kegiatan itu merupakan rangkaian dari perayaan HUT Ke-72 Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma yang diperingati pada 17 Agustus.


Ekspedisi Yohanes menempuh perjalanan darat ke Italia mengendarai scooter listrik juga menarik perhatian Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Menteri LHK juga melepas perjalanan Yohanes pada sela-sela acara Festival LIKE 2 KLHK di Jakarta, Kamis (8/8).

Yohanes pada acara itu menyebut dia bakal menempuh perjalanan darat sepanjang 11.000 kilometer, dengan rute Indonesia via udara ke Turki, kemudian lanjut jalur darat ke Bulgaria, Serbia, Kroasia, Slovenia, Austria, dan titik akhir di Italia.

Yohanes, yang mempersiapkan ekspedisi itu sejak 2023, bakal menguji ketahanan scooter antik Vespa Super 1974 yang dimodifikasi sehingga tak lagi menggunakan bahan bakar minyak (BBM), melainkan memakai energi listrik dari baterai 72V 99AH model tank waterproof IPx4.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024