Jakarta (ANTARA) - LinkedIn merupakan jaringan profesional online terbesar di dunia yang biasanya digunakan untuk menemukan pekerjaan idaman, proyek freelance atau peluang magang.

LinkedIn termasuk ke dalam sosial media karena dalam platform tersebut Anda dapat membagikan berbagai macam kegiatan seperti konten text, gambar, dokumen maupun video.

Dengan menunjukkan beberapa skill dalam platform LinkedIn Anda, dapat menjadikan daya tarik bagi para rekrutmen untuk melihat isi profil Anda secara keseluruhan.

Untuk kalangan fresh graduate, platform LinkedIn bisa menjadi acuan untuk menemukan pekerjaan idaman. Namun Anda perlu membuat profil yang menarik agar dilirik oleh pencari kerja.

Berikut bara membuat profil LinkedIn menjadi lebih menarik

1. Menampilkan headline yang menggambarkan karakter diri


Bagian headline berisi baris singkat yang terdapat di bawah nama dan profil LinkedIn. Bagian ini sebaiknya langsung diisi dengan skill dan keahlian utama yang Anda miliki.

Apabila Anda seorang fresh graduate, Anda dapat menampilkan headline seperti fresh graduate dengan jurusan sesuai akademik atau pengalaman di bidang Anda. Hal itu bertujuan untuk dapat menarik para rekrutmen mengetahui tentang data diri anda. 2. Foto profil profesional

Tunjukkanlah sisi profesional Anda melalui foto profil di LinkedIn. Selain profesional, Anda juga perlu terlihat menarik dengan memperhatikan resolusi foto yang berkualitas, pakaian yang dikenakan, background berwarna netral dan tatapan mata yang terlihat profesional (tidak selfie). 

3. Tuliskan ringkasan mengenai data diri anda

Tuliskan ringkasan dengan menonjolkan keahlian, pengalaman dan tujuan profesional Anda. Pada bagian ini, Anda fokus pada pencapaian dan dampak positif yang telah dicapai dengan menuliskan secara singkat tentang data diri anda seperti, latar belakang pendidikan, pengalaman, kelebihan dan passion yang Anda miliki.

4. Menambahkan pengalaman atau prestasi

Bagian ini Anda dapat mengisi dengan berbagai macam pengalaman mulai dari organisasi atau magang yang relevan dengan posisi pekerjaan yang anda inginkan.

5. Cantumkan pendidikan terakhir

Ini adalah bagian penting di mana Anda harus menyebutkan dan menjelaskan pendidikan terakhir serta nama universitas untuk mendukung kredibilitas Anda.

6. Tampilkan daftar keterampilan dan rekomendasi

Tuliskan keterampilan yang dimiliki, baik itu softkills ataupun hardskill guna untuk memberikan daya tarik tambahan kepada pencari kerja dalam menilai diri Anda.

Contohnya: manajemen waktu, dapat bekerja sama dengan tim, problem solving, keamanan siber dan pengelolaan database.

7. Dapatkan rekomendasi

Rekomendasi dapat menjadi bukti kredibilitas dan kemampuan Anda di dunia pekerjaan. Pada tahapan ini, fresh graduate dapat meminta rekomendasi dari pihak kampus ataupun atasan magang.

8. Aktif mengelola konten dan interaksi

Untuk lebih mengoptimalkan peluang mendapat kerja, Anda perlu aktif dalam mengelola akun LinkedIn dengan lebih sering membuat konten yang menarik dan berkaitan dengan jenis profesi yang Anda inginkan.

Baca juga: Cara simpan dan download postingan LinkedIn

Baca juga: Aplikasi Linkedin dan manfaatnya

Baca juga: Cara mendaftar akun LinkedIn

Baca juga: LinkedIn rilis fitur baru didukung AI bantu pengguna temukan pekerjaan


Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024