Surabaya (ANTARA) - Universitas Terbuka (UT) Surabaya mengenalkan kampus baru yang berlokasi di daerah Rungkut ke masyarakat melalui kegiatan jalan sehat.

Jalan sehat yang digelar perguruan tinggi negeri (PTN) itu juga untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia dan Dies Natalis ke-40 kampus tersebut.
 
"Jadi, dalam rangka mengenalkan kampus baru UT pada masyarakat. Kalau dari sekitar sini kan sudah tahu kantornya. Nah, kalau masyarakat yang jauh-jauh kan belum tahu kantor yang baru ada di mana," kata Direktur UT Surabaya Suparti seusai jalan sehat di Surabaya, Minggu.

Baca juga: Universitas Terbuka Surabaya buka dua jalur pendaftaran mahasiswa baru
 
Suparti mengatakan gedung baru tersebut terdiri atas lima lantai yang diperuntukkan sebagai ruang pembelajaran, ruang staf hingga ruang pertemuan.
 
"Ada enam dan empat ruangan, jadi ada 10 ruangan yang bisa untuk pembelajaran. Yang paling atas untuk pertemuan, kami punya hall yang mampu menampung 750-an orang," ujarnya.
 
Untuk tahun akademik 2024/2025, calon mahasiswa yang telah mendaftarkan diri ke UT Surabaya tercatat ada sekitar 15 ribu orang.
 
"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, semakin semangat untuk lanjut pada proses berikutnya," ujarnya.
 
Rencana perkuliahan di UT Surabaya dilaksanakan pada Oktober mendatang. Selama dua bulan, mahasiswa akan mendapat materi pembelajaran dan di bulan berikutnya mengikuti rangkaian ujian.
 
"Karena UT ini perguruan tinggi negeri, kita mengikuti proses sesuai dengan kalender akademik yang sudah ditentukan kantor UT," tambahnya.
 
Meskipun sudah dikenalkan kepada masyarakat, lanjutnya, kampus baru tersebut baru digunakan pada Desember mendatang, karena masih menunggu sarana prasarana perkuliahan, seperti kursi, meja, dan lain sebagainya.

Baca juga: Biaya kuliah di Universitas Terbuka

Baca juga: Mahasiswa UT raih penghargaan Reels Challenge Modena Eco Week 2024 
 
"Insya Allah, mohon doanya, mudah-mudahan bulan Desember sudah bisa," ujarnya.
 
Sebelum mendirikan kampus di Rungkut, kegiatan UT Surabaya seluruhnya di kampus yang berada di Mulyorejo, Surabaya, tepatnya berada di dalam area Kampus Universitas Airlangga (Unair) C Surabaya.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024